El Clasico: Wasit Sudah Tepat, Insiden Mendy-Braithwaite Bukan Penalti

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 11 Apr 2021 12:15 WIB
Barcelonas Martin Braithwaite, right, vies for the ball with Real Madrids Ferland Mendy during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and FC Barcelona at the Alfredo di Stefano stadium in Madrid, Spain, Saturday, April 10, 2021. Real Madrid won 2-1. (AP Photo/Manu Fernandez)
Barcelona murka karna pelanggaran Ferland Mendy terhadap Martin Braithwaite tidak mendapatkan penalti. Kontroversi di dalam El Clasico tadi malam. Foto: AP/Manu Fernandez
Madrid -

Barcelona mencak-mencak karena tak diberi penalti saat dikalahkan Real Madrid. Eks wasit LaLiga Juan Andujar Oliver mengatakan, keputusan tersebut sudah tepat.

Barca disungkurkan Madrid dengan skor 1-2 dalam laga tandang di Stadion Alfredo Di Stefano, Minggu (11/4/2021) dinihari WIB. Blaugrana menjalani start buruk usai ketinggalan 0-2 dari gol-gol Karim Benzema dan Toni Kroos dalam 30 menit pertama.

Selepas turun minum, Barcelona mampu menipiskan skor setelah Oscar Mingueza memaksimalkan umpan Jordi Alba di menit 60. Sebuah insiden kontroversial terjadi di 10 menit terakhir waktu normal yang melibatkan striker Barca Martin Braithwaite dan bek Madrid Ferland Mendy.

Banner El Clasico

Barcelona mengklaim penalti karena Braithwaite jatuh usai bersentuhan dengan Mendy. Para pemain Blaugrana mengerubungi wasit Jesus Gil Manzano setelah tidak menganggap insiden itu sebagai pelanggaran.

Andujar Oliver meyakini Gil Manzano sudah membuat keputusan yang benar. Kontak Mendy kepada Braithwaite dinilainya sangat minim.

"Si wasit sudah tepat lagi, kata dia kepada Radio Marca. "Memang ada sebuah tarikan kecil dari Mendy, tapi itu tidak cukup untuk diberikan sebuah penalti."

Kekalahan dari Madrid membuat Barcelona turun ke peringkat kedua klasemen Liga Spanyol. Barca mengoleksi 65 poin dari 30 pertandingan, terpaut satu poin dari Real Madrid yang kini di puncak dan Atletico Madrid di peringkat kedua.

Usai pertandingan, pelatih Barcelona Ronald Koeman tidak segan mengkritik Gil Manzano. Terlebih karena insiden itu tidak ditinjau dengan VAR.

"Kalau Anda seorang pendukung Barca Anda marah; Anda tidak senang dengan beberapa keputusan wasit. Saya hanya mempertanyakan apakah keputusan mereka sudah tepat. Barca tidak kalah karena keputusan wasit. Tapi memang ada momen-momen di pertandingan tadi, seperti masalah penalti, yang jelas, sangat jelas. Semua orang melihatnya kok. Itulah mengapa kita punya VAR untuk situasi semacam ini, untuk membantu wasit," sembur Koeman.

"Kupikir dia menyentuh Martin," timpal pemain Barca Sergi Roberto. "Yang membuatku jengkel itu mereka bahkan tidak meninjaunya. Aku terkejut karena mereka memutuskannya dengan sangat cepat bahwa insiden itu tidak ada pelanggaran. Padahal VAR bisa memutuskan apakah ada cukup kontak atau tidak."

(rin/nds)