Busquets Buktikan Perannya Masih Sangat Vital untuk Barcelona

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 23 Apr 2021 10:20 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 04: Sergio Busquets of FC Barcelona controls the ball during the UEFA Champions League Group G stage match between FC Barcelona and Dynamo Kyiv at Camp Nou on November 04, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Peran Sergio Busquets masih sangat vital untuk Barcelona (Foto: Getty Images/Eric Alonso)
Barcelona -

Sergio Busquets menunjukkan perannya masih sangat vital untuk Barcelona. Ia masih mampu tampil konsisten di usai yang sudah tak muda lagi.

Barcelona menang meyakinkan atas tamunya Getafe di Camp Nou dalam laga lanjutan LaLiga, Jumat (23/4/2021) dini hari WIB. Lionel Messi menjadi bintang kemenangan El Barca di laga ini.

Ia membuat brace serta mengemas satu assist untuk gol Ronald Araujo. Sementara, dua gol Blaugrana lainnya lahir dari bunuh diri Sofian Chakla dan penalti Antoine Griezmann. Getafe hanya bisa membalas lewat bunuh diri Clement Lenglet dan penalti Enes Unal.

Selain Messi, pilar Barcelona yang tampil sangat solid di laga ini adalah Sergio Busquets. Dikutip dari WhoScored, Busqutes mampu mengalirkan bola dengan sangat baik usai mencatatkan persentase umpan sukses sebesar 97 persen.

Kejeliannya melepas umpan tercermin dalam gol pembuka Barcelona di laga ini yang dibuat oleh Lionel Messi. Gelandang 32 tahun ini membuat umpan panjang terukur dari tengah lapangan yang membebaskan La Pulga dari jebakan offside.



Busquets juga punya kontribusi yang sangat baik dalam bertahan sebagai gelandang jangkar saat menghadapi Getafe. Ia memenangi satu kali duel, membuat satu tekel sukses, satu sapuan dan dua intersep.

Pemilik nomor 5 Barcelona ini membuktikan bahwa perannya masih sangat vital di musim ke-13 untuk tim asal Catalunya tersebut. Busquets sekaligus menepis cibiran banyak orang bahwa dirinya sudah dianggap terlalu lambat sebagai gelandang bertahan.

Perannya nyaris tak tergantikan di lini tengah Barcelona musim ini dengan telah bermain dalam 43 laga di semua ajang. Ia bahkan hanya dua kali absen di LaLiga musim ini, itu pun karena cedera ligamen dan hukuman larangan kartu.

Busquets berperan sangat baik dalam sistem yang dikembangkan pelatih Barcelona Ronald Koeman. Ia mampu beradaptasi meski pelatih asal Belanda ini kerap berganti-ganti formasi. Koeman tercatat pernah menerapkan formasi 3-5-2, 3-4-2-1, 4-3-3, hingga 4-2-3-1 selama membesut Barcelona.

Menurut daya Opta, Busquets mencatatkan persentase umpan sukses sebesar 91,7 persen sepanjang LaLiga musim ini. 25 umpan di antaranya adalah umpan kunci. Ia juga telah mampu membukukan empat assist.

Kemampuannya dalam berduel di lini tengah juga masih sangat baik dengan mencatatkan persentase memenangi duel sebesar 54,7 persen dan persentase tekel sukses sebesar 51,2 persen di musim ini.

[Gambas:Opta]

Konsistensi Busquets ini membuat Miralem Pjanic yang baru didatangkan ke Camp Nou harus rela lebih banyak duduk di bangku cadangan. Pasalnya, ia kesulitan menggeser produk asli La Masia ini.

Penampilan apik Busquets ini membantu Barcelona untuk terus bersaing dalam perebutan gelar LaLiga. Pria kelahiran Sabadell ini juga sudah mengantarkan El Barca meraih gelar Copa del Rey musim ini.



Simak Video "Barcelona Vs Levante: Blaugrana Menang Telak 3-0"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)