Barca Mau Pecat Koeman walaupun Bisa Raih 2 Trofi Musim Ini?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 11 Mei 2021 13:20 WIB
Barcelonas Dutch coach Ronald Koeman attends the UEFA Champions League round of 16 second leg football match between Paris Saint-Germain (PSG) and FC Barcelona at the Parc des Princes stadium in Paris, on March 10, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Barca Mau Pecat Koeman walaupun Bisa Raih 2 Trofi Musim Ini? Foto: AFP/FRANCK FIFE
Jakarta -

Santer berhembus rumor bahwa posisi Ronald Koeman di Barcelona sama sekali tidak aman. Bahkan seandainya Koeman mampu membawa Barca menyudahi musim dengan dua trofi.

Bulan Agustus lalu Koeman menandatangani kontrak dua tahun dengan Barcelona. Tapi kiprahnya terus dalam sorotan, seiring dengan hal di luar lapangan seperti masalah keuangan, pergantian manajemen klub, dan pengumuman Lionel Messi yang sempat ingin pergi.

Sejauh ini pria Belanda yang juga pernah main di Barcelona itu telah membawa klub Catalan tersebut menjuarai Copa del Rey musim ini. Trofi LaLiga pun masih berpeluang diraih, dengan Barca menjadi satu dari empat tim yang masih terlibat dalam persaingan.

Namun, terlepas dari apakah nantinya Ronald Koeman bisa membawa Barca menambah satu trofi lagi, santer berhembus kabar bahwa sejumlah anggota direksi klub ingin membawa angin segar dengan melakukan pergantian pelatih di musim panas.

Beragam sumber mengonfirmasi ke ESPN bahwa sejauh ini Ronald Koeman memang terus berpartisipasi secara aktif dalam persiapan Barcelona menghadapi musim depan, termasuk melanjutkan usaha menggaet Memphis Depay secara free transfer di musim panas.

Sementara sumber-sumber lain sudah mengungkap ke ESPN bahwa sejumlah direksi Barcelona merasa gaya main tim di bawah arahan Koeman tak cocok dengan target jangka panjang klub dan "akan memecatnya jika pun Barca mengakhiri musim dengan 2 gelar domestik."

Salah satu hal yang acapkali dipertanyakan para pengkritik Koeman adalah taktiknya yang acapkali dianggap kelewat defensif. Apalagi Barca juga sudah kesulitan mengatasi rival langsungnya musim ini seperti Atletico Madrid dan Barcelona.

Sumber lain mengungkap bahwa presiden Joan Laporta, walaupun di depan publik terus memberi dukungan buat Koeman, merasa sangat geram saat Lionel Messi cs kalah 1-2 dari Granada akhir April lalu. Hasil itu bikin Barca membuang peluang memimpin klasemen.

Sejumlah nama juga sudah bermunculan andaikata Ronald Koeman memang dipecat Barca di musim panas dengan salah satunya adalah Xavi Hernandez, mantan bintang Barca. Saat ini Xavi sudah teken kontrak baru berdurasi dua tahun dengan klub Qatar Al Sadd. Tapi ada rumor bahwa Xavi punya klausul khusus yang membuatnya bisa pergi dari Al Sadd jika Barcelona meminati dirinya.

(krs/raw)