Barcelona Gagal Juara LaLiga karena Salah Sendiri

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 17 Mei 2021 10:40 WIB
Barcelonas Lionel Messi walks as Celta players celebrate scoring their sides first goal during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Celta at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Sunday, May. 16, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)
Barcelona kalah dari Celta Vigo dan dipastikan gagal juara Liga Spanyol (Foto: AP/Joan Monfort)
Barcelona -

Barcelona dipastikan gagal juara Liga Spanyol usai kalah dari Celta Vigo. Jordi Alba menyebut akhir musim yang mengecewakan ini adalah kesalahan para pemain sendiri.

Barcelona tumbang saat menjamu Celta Vigo di pekan ke-37 Liga Spanyol. Laga Barcelona vs Celta Vigo di Camp Nou, Minggu (16/5/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan tim tamu.

Lionel Messi sempat membawa Barcelona unggul lebih dulu lewat golnya pada menit ke-28. Namun, Celta Vigo kemudian membalikkan keadaan lewat dua gol Santi Mina.

Akibat kekalahan itu, Barcelona tertahan di peringkat ketiga dengan 76 poin. Mereka tertinggal tujuh angka dari Atletico Madrid yang di saat bersamaan menang 2-1 atas Osasuna untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen Liga Spanyol.

Dengan satu pertandingan tersisa, Barcelona dipastikan tersingkir dari persaingan perebutan gelar juara LaLiga. Atletico akan bersaing dengan Real Madrid (81) di pekan terakhir.

Jordi Alba menyayangkan kegagalan Barcelona dalam memanfaatkan peluang untuk merebut puncak klasemen Liga Spanyol. Kekalahan dari Celta Vigo hanya memperpanjang tren buruk Blaugrana dalam beberapa pertandingan terakhir.

Barcelona justru melempem dalam lima pertandingan terakhir di Liga Spanyol. Lionel Messi dkk cuma satu kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

Selain dari Celta Vigo, Barcelona juga kalah dari Granada. Sementara dua hasil imbang didapat Barcelona saat melawan Atletico dan Levante.

"Kami harus menghargai Copa del Rey, tapi benar kalau sekarang banyak pertandingan tanpa kemenangan," ujar Jordi Alba kepada Movistar seperti dilansir Sport.

"Kami bergantung kepada diri sendiri, kami bekerja keras, memangkas selisih poin, lalu kami tidak mengambil keuntungan dengan naik ke puncak klasemen."

"Para pemain, kami lah yang harus disalahkan ketika keadaan memburuk," lanjut Jordi Alba.

"Hari ini kami mencoba, terlebih di babak pertama, tapi Celta adalah tim yang bagus dan tadi pertandingan yang sulit. Itulah sepakbola. Sayang sekali kalah," katanya.

Ini akan jadi kali pertama Barcelona finis di luar dua besar Liga Spanyol sejak 2007/2008. Barcelona juga masih rawan disalip Sevilla yang membuntuti di peringkat keempat dengan selisih dua poin.

(nds/nds)