Ada Kabar Barcelona 99% Akan Pecat Ronald Koeman

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 17 Mei 2021 19:10 WIB
Barcelonas head coach Ronald Koeman reacts as he watches the game during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Celta at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Sunday, May. 16, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)
Barcelona 99% Akan Pecat Ronald Koeman. (Foto: AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Nasib pelatih Barcelona Ronald Koeman di ujung tanduk. Barcelona disebut hampir pasti akan memberhentikan Koeman di akhir musim ini.

Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barca pada musim panas lalu dengan ikatan kontrak selama dua tahun. Itu berarti pelatih Belanda itu masih punya sisa kontrak hingga musim depan.

Akan tetapi, Koeman tampaknya tidak akan bertahan sampai kontraknya berakhir. RAC1 melaporkan, Barca siap mendepak mantan pelatih Ajax dan timnas Belanda itu karena buruknya performa Lionel Messi cs belakangan ini.

"Barcelona 99% yakin bahwa pelatih Belanda itu tidak akan memimpin klub setelah musim ini berakhir meskipun dia masih memiliki sisa setahun di kontraknya," bunyi laporan jurnalis RAC1 Roger Sapaeras, yang dikutip Mundo Deportivo.

Di tangan Ronald Koeman, Barcelona sukses menjuarai Copa del Rey tapi tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Sedangkan di liga, Barca sempat terpuruk di awal musim kemudian kembali ke papan atas untuk menyaingi Atletico Madrid dan Real Madrid dalam perebutan gelar LaLiga.

Namun demikian, Barcelona justru berantakan di lima laga terakhir usai hanya sekali menang dan dua kali kalah. Blaugrana melewatkan kesempatan untuk memuncaki klasemen ketika tumbang di tangan Granada dan kekalahan 1-2 dari Celta Vigo di Camp Nou tadi malam memastikan mereka keluar dari persaingan gelar juara.

Pada Kamis lalu (13/5), Koeman dan Presiden Barca Joan Laporta makan siang bersama untuk membahas masa depannya. Pertemuan itu diyakini berjalan mulus, namun direksi klub berubah pikiran setelah Barca kolaps.

Masih ada 1% kemungkinan Koeman masih dipertahankan, yakni jika Barcelona tidak bisa menemukan pengganti yang cocok. Ronald Koeman sendiri bukanlah pelatih pilihan Laporta, mantan presiden Barca Josep Maria Bartomeu yang mundur pada Oktober silam.

(rin/krs)