Angka-angka Luar Biasa Messi di Balik Musim Mengecewakan Barcelona

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 25 Mei 2021 11:30 WIB
Barcelonas Lionel Messi celebrates after scoring the opening goal during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Getafe at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Thursday, April 22, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)
Lionel Messi tetap tampil oke meski Barcelona gagal juara Liga Spanyol (Foto: AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Barcelona mengalami naik-turun di Liga Spanyol musim ini hingga akhirnya gagal juara. Namun, di tengah pasang surut timnya, Lionel Messi tetap tampil ciamik.

Barcelona memulai musim 2020/2021 bersama pelatih baru, Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda itu diangkat untuk menggantikan Quique Setien yang dipecat usai gagal total pada musim sebelumnya.

Sempat tersendat pada awal musim, Barcelona bangkit dan merangkai laju tak terkalahkan pada Desember-April untuk bersaing dengan Atletico Madrid dan Real Madrid dalam perebutan gelar juara. Namun, hasil-hasil kurang oke dalam enam pertandingan jelang akhir musim membuat Barcelona gagal jadi juara dan finis ketiga di klasemen Liga Spanyol.

Meski Barcelona mengakhiri Liga Spanyol dengan mengecewakan, Messi tetap bersinar. Penyerang asal Argentina itu menutup musim dengan gelar top skor atau El Pichichi.

Lionel Messi memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Spanyol musim ini dengan 30 gol. Dia unggul atas Karim Benzema yang mencetak 23 gol untuk Real Madrid.

Urusan mencetak gol dari tendangan bebas, Messi juga paling oke di Liga Spanyol musim ini. Dia menghasilkan tiga gol tendangan bebas, di atas Joselu yang bikin dua gol tendangan bebas untuk Alaves.

Messi juga tercatat sebagai pemain dengan jumlah tembakan on target paling banyak (91). Benzema yang ada di posisi kedua hanya melepaskan 55 tembakan on target.

Keberadaan Messi di area permainan lawan memang kerap mendatangkan ancaman. Dia tercatat melakukan 1.636 operan di area permainan lawan, unggul dari para gelandang di timnya seperti Frenkie de Jong, Sergio Busquets, juga Dani Parejo (Villarreal) dan Luka Modric (Real Madrid).

Messi juga jadi pemain yang paling sering dilanggar di Liga Spanyol musim ini. Tercatat ada 99 pelanggaran kepada Messi. Yang paling mendekatinya adalah Javi Galan (Huesca) dan Nabil Fekir (Real Betis) yang masing-masing dilanggar 97 dan 85 kali.

Angka-angka tersebut menegaskan peran penting Lionel Messi untuk Barcelona. Blaugrana pun menghadapi momen penting pada musim panas ini untuk mempertahankan pemainnya itu karena kontrak Messi habis pada Juni 2021.

(nds/cas)