Guardiola: Koeman Layak Dapat Kesempatan Semusim Lagi di Barcelona

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 05:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 08: Head coach Ronald Koeman of FC Barcelona reacts during the UEFA Champions League Group G stage match between FC Barcelona and Juventus at Camp Nou on December 08, 2020 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Pep Guardiola menilai Ronald Koeman pelatih yang ideal buat Barcelona (Foto: Getty Images/David Ramos)
Mallorca -

Pep Guardiola mendukung keputusan Barcelona untuk mempertahankan Ronald Koeman. Guardiola menilai Koeman adalah pelatih yang ideal untuk Barcelona.

Koeman baru diangkat sebagai pelatih Barcelona jelang musim 2020/2021. Pelatih asal Belanda itu diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Koeman kemudian sempat diterpa isu pemecatan setelah musim 2020/2021 selesai. Itu tak lepas dari kegagalannya membawa Lionel Messi dkk jadi juara Liga Spanyol kendati juga mempersembahkan trofi Copa del Rey.

Pada akhirnya, Barcelona memutuskan untuk mempertahankan Koeman. Pria 58 tahun itu masih akan menangani Blaugrana pada musim depan.

Pep Guardiola ikut senang Barcelona akhirnya mempertahankan Ronald Koeman. Menurut manajer Manchester City itu, Koeman memang pantas diberi kesempatan satu musim lagi.

"Dia teman saya. Pelatih selalu ada di posisi yang lebih lemah ketika kami tidak menang dan lebih kuat ketika kami menang," ujar Guardiola seperti dilansir Marca.

"Saya sudah melatih tiga klub, tapi tidak ada yang menandingi Barcelona atau Real Madrid, di mana konsekuensinya jauh lebih besar, di mana segalanya lebih sulit untuk dikendalikan secara pribadi."

"Saya membicarakan ini dengan Ronald, kami tidak terlindungi dari ini. Kalau Anda tidak menginginkan ini, tidak mendedikasikan diri, tapi dia kuat dan punya banyak pengalaman," lanjut mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu.

"Dia adalah pelatih yang ideal untuk musim depan. Saya sangat senang dan presiden (Joan Laporta) yakin."

"Ini adalah tahun yang sulit untuk semuanya, dan Ronald pantas mendapat kesempatan satu tahun lagi, dengan kehadiran fans di stadion. Di samping itu, tahun kedua selalu lebih baik," kata Guardiola soal Koeman.

(nds/raw)