Sebagus Apa Memphis Depay buat Barcelona?

Afif Farhan - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 23:30 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - JUNE 17: Memphis Depay of Netherlands celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group C match between the Netherlands and Austria at Johan Cruijff Arena on June 17, 2021 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Olaf Kraak - Pool/Getty Images)
Sebagus Apa Memphis Depay buat Barcelona? (Getty Images)
Barcelona -

Barcelona akhirnya mendapatkan Memphis Depay. Memangnya, bisa apa sih Depay buat Blaugrana?

Barcelona mengumumkan perekrutan Memphis Depay pada Minggu (20/6) kemarin. Pemain berusia 27 tahun itu didatangkan dengan free transfer alias cuma-cuma dari Olympique Lyon.

Depay bakal diikat kontrak selama dua tahun. Kedatangannya sudah dinanti pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Dilansir dari Marca, Ronald Koeman begitu menginginkan Memphis Depay sejak musim lalu. Apa daya, pihak klub tidak punya cukup uang untuk memboyongnya, karena paceklik pendapatan dihajar pandemi.

Maka kini, Barcelona bisa mendapatkan Depay dengan gratis. Walau sebelumnya, Depay juga dilirik oleh beberapa klub dari Italia.

Ronald Koeman pernah bekerja sama dengan Memphis Depay kala masih melatih Timnas Belanda. Di bawah polesan Koeman, Depay bersinar terang.

Koeman pernah memasang Depay dalam 11 laga berturut-turut. Hasilnya wow, Depay mampu mengemas 11 gol dan 11 assist.

Soccer Football - Ligue 1 - Olympique Lyonnais v Metz - Groupama Stadium, Lyon, France - October 26, 2019   Olympique Lyonnais' Memphis Depay celebrates scoring their first goal    REUTERS/Emmanuel FoudrotMemphis Depay resmi akan memperkuat Barcelona musim depan (Emmanuel Foudrot/Reuters)

Ronald Koeman beberapa kali menyanjung Memphis Depay. Dirinya menyebut, Depay bisa menjadi motor serangan baru Barcelona.

"Memphis Depay bisa berguna sebagai titik awal serangan, tapi dia juga bisa bermain lebih dalam. Dia kuat, dinamis, dan bisa bermain dengan baik di kedua sisi," terang Koeman.

Lini serang Barcelona sendiri sebenarnya cukup penuh ada Ansu Fati, Ousmane Dembele, Martin Braithwaite, Antoine Griezmann, Sergio Aguero, dan tentu saja Lionel Messi. Dua nama pertama sedang mengalami cedera, yang mana masih bakal absen di musim depan.

Diyakini, Depay bakal dapat jaminan masuk dalam skuad utama. Lalu Koeman tinggal meraciknya, untuk membuat Blaugrana lebih subur gol.

Memphis Depay musim lalu tampil gemilang bersama Lyon. Dirinya mengemas 20 gol dan 12 assist dari 37 laga di Liga Prancis.

(aff/cas)