Reaksi Keras Sponsor Barcelona soal Video Rasisme Griezmann-Dembele

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 07 Jul 2021 08:01 WIB
Barcelonas French midfielder Antoine Griezmann (L) and Barcelonas French forward Ousmane Dembele warm up before the Spanish League football match between Club Atletico de Madrid and FC Barcelona at the Wanda Metropolitano stadium in Madrid on November 21, 2020. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)
Sponsor Barcelona, Rakuten, mengkritik Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele karena dugaan rasisme. (Foto: AFP/GABRIEL BOUYS)
Barcelona -

Rakuten, sponsor Barcelona angkat bicara soal isu rasisme yang menyeret Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele. Rakuten menegaskan, aksi itu tak dapat diterima.

Griezmann dan Dembele dituduh mencemooh orang Asia usai dua video dari 2019 muncul ke dunia maya belum lama ini. Video-video itu tampaknya diambil ketika Barcelona menjalani tur pramusim ke Jepang.

Video pertama memperlihatkan Griezmann sedang dalam sebuah kamar hotel yang sepertinya direkam oleh Dembele. Di dalam video itu, beberapa orang staf hotel sedang mencoba memperbaiki televisi yang dipakai oleh duo pemain depan Barcelona itu memainkan gim Pro Evolution Soccer (PES).

Kemudian Dembele terdengar menyebut-nyebut wajah jelek dan bahasa yang terbelakang, bahkan mempertanyakan apakah Jepang itu negara maju atau tidak. Sedangkan video kedua menampilkan Griezmann sedang melakukan mandi es bersama Dembele dan Samuel Umtiti. Striker Prancis itu lantas berseru menggunakan bahasa yang dianggap rasis.

Setelah ramai di media, Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele sama-sama minta maaf. Akan tetapi, keduanya tidak menolak tuduhan rasisme.

Rakuten, sponsor di seragam Barcelona, tidak segan mengkritik perilaku duo pemain Prancis itu. CEO Rakuten Hiroshi Mikitani mengatakan, pihaknya akan mengajukan protes kepada Barcelona secara langsung.

"Sebagai sebuah sponsor klub dan penyelenggara tur, saya sangat menyesalkan karena pemain-pemain FCB membuat komentar-komentar bernada diskriminasi," cuit Mikitani dalam akun Twitter-nya, yang dikutip dari the Athletic.

"Mengingat Rakuten mendukung filosofi Barcelona dan mensponsori klub, pernyataan-pernyataan demikian itu tidak dapat diterima dalam situasi apapun dan kami akan melakukan protes secara formal kepada klub dan meminta pandangan mereka."



Simak Video "#Sadseptember, Perasaan Fans Barca Ditinggal Messi dan Griezmann"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)