Antoine Griezmann Bantah Rasis ke Orang Asia

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 06 Jul 2021 01:00 WIB
SEVILLE, SPAIN - JANUARY 17: Antoine Griezmann of FC Barcelona looks on during the Supercopa de Espana Final match between FC Barcelona and Athletic Club at Estadio de La Cartuja on January 17, 2021 in Seville, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Striker Barcelona asal Prancis, Antoine Griezmann, tersandung dugaan rasisme lagi. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Paris -

Antoine Griezmann tersandung tuduhan rasis ke orang Asia. Striker Barcelona asal Prancis itu membantahnya.

Beberapa waktu lalu, viral video soal Griezmann yang dituduh rasis. Bersama Ousmane Dembele, rekannya di klub dan Timnas Prancis, striker 30 tahun itu mencemooh orang Asia.

Sebuah video berdurasi 42 detik beredar di dunia maya, isinya memperlihatkan Dembele dan Griezmann sedang menyaksikan tiga orang lainnya membetulkan televisi di sebuah kamar hotel. Ketiga teknisi itu orang Asia, yang terlihat dari perawakannya.

Dembele, yang tampaknya merekam momen itu, terdengar berbicara kepada Griezmann. Isinya soal ejekan, yang tampak ditujukan untuk ketiga teknisi itu.

Suara dalam video itu, yang diklaim suara Dembele, mengatakan, "Semua wajah jelek ini, hanya agar Anda bisa bermain PES [Pro Evolution Soccer]. Apakah Anda tidak malu?" katanya.

"Bahasa terbelakang macam apa itu? Apakah Anda berteknologi maju di negara Anda atau tidak?" kata Dembele.

Griezmann, yang kemudian masuk dalam video itu, cuma terkekeh saat rekannya bicara seperti itu. Pemain 30 tahun itu juga sempat mengatakan sesuatu, namun tidak terdengar jelas.

Video itu sendiri dibagikan akun Twitter @duatleti. "Ya seperti itu mereka Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele #StopAsianHate," tulisnya saat membagikan video tersebut.

Beberapa hari berselang, muncul video lainnya. Masih melibatkan Griezmann, kali ini eks pemain Real Sociedad dan Atletico Madrid itu mengatakan 'Ching chong' dengan menirukan logat orang Asia bicara, saat bersantai di kolam renang, bersama Dembele dan Samuel Umtiti.

Tampak dalam video itu, ketiganya mengenakan jersey latihan Barcelona. Sebelumnya disebutkan, dua video itu kemungkinan diambil ketika Barcelona sedang menjalani tur pramusim ke Jepang pada 2019.

Kini, Griezmann membantah tudingan rasis tersebut. Lewat media sosialnya, ia mengaku sama sekali tidak demikian, seraya meminta maaf juga ada perbuatannya yang menyinggung orang Asia, khususnya orang Jepang.

"Saya selalu berkomitmen terhadap segala bentuk diskriminasi. Selama beberapa hari terakhir, beberapa orang ingin menganggap saya sebagai pria yang bukan saya," tulis pernyataan Griezmann.

"Saya dengan tegas membantah tuduhan yang ditujukan kepada saya, dan saya minta maaf jika saya telah menyinggung teman-teman saya yang berasal dari Jepang," ungkapnya.

Bagi Antoine Griezmann, ini bukan pertama kalinya ia tersandung tudingan rasisme. Pada 2017, ia sempat membuat banyak pihak marah karena memposting foto dirinya dengan wajah hitam, sebagai bagian dari pesta kostum, yang dinilai mengejek orang kulit hitam.

(yna/ran)