Presiden Barcelona Tuding Moriba seperti Kacang Lupa Kulit!

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 03 Agu 2021 11:00 WIB
Barcelonas Spanish midfielder Ilaix Moriba celebrates after scoring during the Spanish League football match between CA Osasuna and FC Barcelona at El Sadar stadium in Pamplona on March 6, 2021. (Photo by ANDER GILLENEA / AFP)
Joan Lapota kecam Ilaix Moriba yang enggan perpanjang kontraknya di Barcelona (Foto: AFP/ANDER GILLENEA)
Barcelona -

Presiden Barcelona, Joan Laporta, menganggap Ilaix Moriba seperti kacang lupa kulitnya. Ini karena ia menolak perpanjangan kontrak yang diajukan El Barca.

Moriba menjadi bintang muda yang mencuri perhatian bersama Barcelona di musim lalu. Ia tampil dalam 14 laga El Barca di LaLiga 2020/2021 dengan mampu menyumbang satu gol dan tiga assist.

Namun kini, Barcelona justru terancam kehilangan Moriba. Kontrak baru yang ditawarkan Barcelona ditolak oleh Moriba.

Kontrak Moriba di Barcelona hanya tersisa 12 bulan lagi hingga Juni 2022. Jika negosiasi terkait kontrak anyar Ilaix Moriba tak mencapai kata sepakat, Barcelona harus bersiap kehilangan pemuda kelahiran Guinea ini secara gratis musim depan.

Tuntutan gaji tinggi yang diinginkan Moriba menjadi penghambat utama Barcelona mencapai kesepakatan kontrak dengan pemain 18 tahun ini. Apalagi, Barcelona kini tengah diterpa krisis ekonomi sehingga sulit memberikan gaji tinggi untuk pemain muda seperti Moriba.

Sikap Moriba yang tak kunjung memperpanjang kontraknya di Camp Nou ini disesalkan oleh Presiden Barcelona, Joan Laporta. Laporta bahkan secara tidak langsung menuding Moriba seperti kacang lupa kulitnya.

Moriba dianggap tak menghormati Barcelona yang telah mengembangkan bakatnya. Moriba memang menimbang Ilmu dari belia di akademi Barcelona, La Masia. Ia bergabung dengan La Masia pada 2010 saat usianya masih 10 tahun.

"Kami akan mencoba agar kasus ini tidak terulang. Dia memiliki satu tahun tersisa dan tidak ingin memperbarui. Ini adalah situasi yang tidak kami terima dan kami harus bertindak," ujar Laporta dikutip dari Sportmole.

"Dia pemain hebat dan, jika dia tidak memperbarui kontrak, dia tahu dia akan punya opsi lain. Kami tidak ingin pemain yang dilahirkan di rumah kami tidak ingin memperbarui kontraknya yang tersisa satu tahun."

"Dia telah kami beri kesempatan, tetapi klub tetap di atas segalanya. Mereka tidak dapat melakukan langkah seperti ini pada kami. Saya harap situasinya dapat dipulihkan. Saya merasa sedih karena dia tidak menyadari apa yang telah kami lakukan untuknya. Kami tidak akan membiarkan dia pergi secara gratis," ungkap Laporta.

Akibat situasi ini Ilaix Moriba juga tak dimasukkan ke skuad utama Barcelona pada pramusim. Ia diturunkan tingkat ke tim Barcelona B.

(pur/yna)