Waktunya Riqui Puig Buktikan Diri Bisa Jadi Andalan Barcelona

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 04 Agu 2021 16:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - JULY 21: Riqui Puig of FC Barcelona reacts during a friendly match between FC Barcelona and Gimnastic de Tarragona at Johan Cruyff Stadium on July 21, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Riqui Puig tak bakal mau menyerah di Barcelona. (Foto: Getty Images/Eric Alonso)
Jakarta -

Riqui Puig berjuang keras untuk menjadi pilihan pertama di lini tengah Barcelona. Pemain berusia 21 tahun tersebut mungkin bisa membuktikan diri pada musim 2020/2021.

Puig adalah jebolan La Masia dan profesional di LaLiga bersama Barcelona melawan Huesca pada 13 April 2019. Puig sejauh ini mengemas 39 laga bersama tim utama Barcelona dengan mencetak satu gol dan tiga assist di semua ajang.

Sebagai pemain muda, tak mudah untuk Puig bisa langsung menjadi pilihan utama di klub sebesar Barcelona. Pelatih Ronald Koeman bahkan mendesaknya untuk dipinjamkan di dua jendela transfer sebelumnya.

Riqui Puig menolak untuk pergi musim panas lalu. Padahal saat itu Koeman mengatakan bahwa Puig tidak memenuhi persyaratan.

Selama musim 2019/2020, Puig bermain 579 menit di semua kompetisi, dan di musim 2020/21 ia bermain 593 menit, menjadi starter hanya sepuluh pertandingan dalam dua tahun, tetapi tekadnya terbukti.

Gelandang tengah bertubuh kecil ini menjadi starter melawan Nastic de Tarragaona dan Girona untuk laga pramusim jelang 2021/2022 bergulir. Puig kemudian tampil sebagai pengganti melawan Stuttgart dan mencetak gol.

Koeman telah mengambil keuntungan dari tim muda Barcelona pramusim ini, memberikan kesempatan kepada orang-orang seperti Gavi, Nico Gonzalez, Yusuf Demir, Alejandro Balde, Rey Manaj, dan Puig.

Barcelona mungkin memang harus bergantung pada anggota skuad mereka yang lebih muda musim ini. Terlebih, Barcelona masih terus menghadapi krisis keuangan dari dampak pandemi virus Corona.

Miralem Pjanic saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Juventus sementara Ilaix Moriba masih belum memperbarui kontraknya. Situasi itu membuat ketersediaan pemain tengah Barcelona makin mengerucut.

Koeman mungkin harus bergantung pada Puig musim ini jika ada cedera pada gelandang tengah terbaik mereka: Frenkie de Jong, Sergio Busquets, dan Pedri. Kesempatan sekecil apapun bisa membuat Puig menggila untuk membuktikan diri.

"Tahun ini kami memiliki waktu sebulan untuk mempersiapkan awal liga. Saya pikir kami membentuk tim yang sangat kompetitif, dengan banyak ambisi," ujar Riqui Puig beberapa hari lalu.

"Kami pemain muda yang ingin memenangi banyak gelar. Kami sangat senang memulai kampanye liga," tegasnya.

(ran/krs)