Messi Sudah Pulang ke Barcelona, Siap Tandatangan Kontrak Baru

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 05 Agu 2021 14:23 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 16: Lionel Messi of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta at Camp Nou on May 16, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Messi akan segera melanjutkan kerja sama dengan Barcelona. Foto: Getty Images/David Ramos
Barcelona -

Lionel Messi sudah pulang ke Barcelona. La Pulga kini tinggal memperpanjang kontraknya untuk bertahan di Camp Nou.

Dilaporkan Marca dan Reuters, Messi sudah menyelesaikan liburannya di Ibiza sejak Rabu (4/8/2021) lalu. Ia diperkirakan akan membubuhkan tanda tangannya pekan ini, setelah sang ayah yang juga agennya, Jorge Messi, hadir menemani.

Kesepakatan Messi dengan Barcelona sudah tercapai sejak bulan lalu, namun Barcelona harus membereskan administrasi keuangan mereka lebih dulu untuk menyediakan alokasi gaji untuk Messi.

Diketahui, Barcelona diberi salary cap yang rendah, imbas dari hutang yang dilaporkan mencapai lebih dari 1 miliar Euro pada Januari lalu.

Namun kucuran dana kerja sama sebesar 2,7 miliar Euro dari CVC Capital Partners (Luksemburg) kepada LaLiga, di mana 90 persen dana tersebut akan masuk ke kas klub, akan banyak membantu keuangan Barcelona, khusunya untuk mengontrak Messi.

Apalagi pembagian dana itu tidak merata antara satu sama lain. Dengan menggunakan perhitungan berdasarkan pendapatan audiovisual rata-rata selama tujuh tahun terakhir, Barcelona dan Real Madrid diyakini akan mendapat potongan kue lebih besar, meski jumlah pastinya belum diketahui.

Dari dana yang diberikan CVC, Barcelona sebetulnya hanya dibolehkan menggunakan 15 persen saja untuk mengakuisisi pemain. Sisanya untuk mengurus hutang (15 persen) dan membangun infrastruktur (70 persen).

Biar hanya sedikit, tetapi jumlahnya diyakini cukup untuk menalangi gaji Messi dan para pemain baru lainnya macam Sergio Aguero, Memphis Depay, hingga Eric Garcia.

Messi sebelumnya dilaporkan bersedia mengurangi gajinya hingga 50 persen agar ia bisa lanjut bermain di Barcelona. Ia dikabarkan akan menandatangani kontrak 5 musim, namun untuk tiga musim terakhir ia bisa hijrah ke MLS (Amerika Serikat) dan menjadi duta besar klub di sana.

(adp/krs)