Messi Tinggalkan Barca, Terpengaruh Transfer Romero ke Tottenham?

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 06 Agu 2021 09:05 WIB
BRASILIA, BRAZIL - JUNE 21: Lionel Messi of Argentina celebrates with teammates Cristian Romero, Nicolas Tagliafico and Rodrigo De Paul after winning a group A match between Argentina and Paraguay as part of Conmebol Copa America Brazil 2021 at Mane Garrincha Stadium on June 21, 2021 in Brasilia, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)
Transfer Cristian Romero ke Tottenham ikut mempengaruhi Lionel Messi batal teken kontrak baru di Barcelona? (Foto: Getty Images/Alexandre Schneider)
Barcelona -

Lionel Messi berpisah dengan Barcelona usai tak memperpanjang kontraknya. Keputusan itu kabarnya ikut dipengaruhi oleh kegagalan Barca menggaet Cristian Romero. Benarkah?

Barca dan Messi sama-sama sudah menyepakati kontrak baru selama lima tahun. Megabintang sepakbola Argentina itu bahkan setuju agar gajinya dipotong sebesar 50 persen demi meringankan beban finansial klub.

Akan tetapi, dalam pertemuan untuk menuntaskan kesepakatan itu yang digelar pada Kamis (5/8) waktu setempat tidak berjalan lancar. Ada yang mengklaim, negosiasi itu gagal karena Messi tidak yakin dengan situasi finansial Barcelona dan tidak terkesan dengan skuad yang dibangun oleh pelatih Ronald Koeman.

Seperti diketahui, Barca telah mendatangkan Sergio Aguero, Eric Garcia, Emerson, serta Memphis Depay. Namun, Mundo Deportivo melaporkan bahwa kegagalan Barca merekrut Romero ikut memengaruhi keputusan Messi untuk mengurungkan niatnya teken kontrak baru.

Romero segera pindah ke Tottenham Hotspur setelah ditebus seharga 50 juta euro dari Atalanta. Kabarnya, Messi pernah mengajukan permintaan kepada Barca untuk mendatangkan kompatriotnya itu, yang berperan penting dalam sukses Argentina memenangi Copa America 2021.

Barcelona memang mencoba mengejar bek tengah berusia 23 tahun itu dengan menawari Atalanta uang sebesar 40 juta euro plus tambahan 10 juta euro dalam bentuk bonus-bonus. Namun, toh La Dea akhirnya melepas pemainnya itu ke London Utara.

Bagaimanapun, yang jelas Barca tidak dapat mendaftarkan kontrak baru Messi karena terhalang regulasi LaLiga. Los Cules terkena dampak dari aturan pembatasan gaji karena ketidakseimbangan dalam neraca keuangannya.

"Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru pada hari ini, hal itu tidak dapat terjadi karena hambatan finansial dan struktural [regulasi Liga Spanyol]," bunyi sepenggal pernyataan di situs resmi Barca.

Dengan berstatus tanpa klub, Messi kini bisa bergabung dengan klub manapun secara bebas transfer. Paris St. Germain dan Manchester City diyakini paling memungkinkan untuk mendaratkan pemain terbaik dunia enam kali itu.

Simak video 'Lionel Messi Pisah Jalan dengan Barcelona':

[Gambas:Video 20detik]



(rin/yna)