Umtiti Disoraki Fans Barca, Dianggap Andil atas Perginya Messi?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 09 Agu 2021 16:40 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 04: Samuel Umtiti of FC Barcelona looks on prior to the Joan Gamper trophy friendly match between FC Barcelona and Arsenal at Nou Camp on August 04, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Samuel Umtiti mendapat sorakan dari fan Barcelona saat menghadapi Juventus (Foto: David Ramos/Getty Images)
Barcelona -

Samuel Umtiti mendapat sorakan dari fan Barcelona di laga menghadapi Juventus. Ia dianggap turut andil dalam hengkangnya Messi dari Camp Nou.

Kebersamaan Barcelona dan Messi yang sudah terjalani selama 21 tahun dipastikan harus berakhir. El Barca tak bisa memperpanjang kontrak La Pulga, meski kedua belah pihak sebenarnya tak ingin berpisah.

Hal ini terjadi akibat krisis keuangan yang dialami Barcelona serta aturan pembatasan gaji yang diberlakukan LaLiga. Dikutip dari Independent, tagihan gaji Blaugrana harus 70 persen dari jumlah pendapatan mereka akibat aturan LaLiga tersebut.

Sementara, tagihan gaji Barcelona saat ini tanpa Messi adalah 95 persen dari jumlah pendapatan. Maka dari itu, Messi tetap tak bisa didaftarkan walau rela dipotong gaji 50 persen pada kontrak barunya nanti.

Lionel Messi kini sudah mengucapkan selamat tinggal kepada Barcelona dalam sesi perpisahan yang digelar Minggu (8/8) di markas klub. Bintang asal Argentina ini dikabarkan bakal segera merapat ke Paris Saint-Germain usai meninggalkan Camp Nou.

Barcelona sebenarnya sudah berusaha mengatasi permasalahan tagihan gaji ini demi bisa kembali diperkuat Messi. Salah satu langkah yang dilakukan Barcelona adalah berupaya menawarkan kepada beberapa pemain untuk dilepas secara free transfer musim panas ini.

Samuel Umtiti menjadi salah satu pemain mendapat penawaran tersebut. Mengingat gajinya yang terbilang tinggi di Barcelona yaitu 11,4 juta euro permusim.

Menurut beberapa sumber, Umtiti juga tak masuk dalam rencana pelatih Barcelona, Ronald Koeman di musim ini. Namun, penawaran tersebut ditolak Umtiti yang masih terikat kontrak dengan Barcelona hingga 2023.

Sikap Umtiti ini membuat geram fan Barcelona. Kemarahan fan Barcelona kepada Umtiti tercermin saat Barcelona menghadapi Juventus dalam Joan Gamper Trophy. Duel ini digelar di Estadi Johan Cruyff, Minggu (8/8) beberapa saat usai perpisahan Messi.

Fan Barcelona menyoraki Umtiti setiap kali memegang bola di laga ini. Umtiti sendiri tampil sejak menit ke-62 menggantikan Ronald Araujo.

Barcelona mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 3-0 berkat gol Memphis Depay, Martin Braithwaite dan Riqui Puig. Mereka berhak atas gelar Joan Gamper Trophy.

Saat perayaan gelar tak ada sosok Umtiti. Bek 27 tahun ini dilaporkan gerah dengan sikap fan Barcelona yang terus menyorakinya dan memilih untuk tetap berada di ruang ganti.



Umtiti kemudian mengutarakan kegundahan hatinya di story Instagramnya. Ia mengunggah kata-kata dalam Bahasa Prancis.

"Terkadang, lebih baik tidak mengatakan apa-apa dan membiarkan kesunyian mengurus semuanya," bunyi unggahan dari Umtiti.

(pur/krs)