Cadiz Vs Barcelona: Kartu Merah Kontroversial Frenkie de Jong

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 24 Sep 2021 08:35 WIB
CADIZ, SPAIN - SEPTEMBER 23: Frenkie de Jong of FC Barcelona walks off the pitch after being shown a red car by the referee Carlos del Cerro Grande during the La Liga Santander match between Cadiz CF and FC Barcelona at Estadio Nuevo Mirandilla on September 23, 2021 in Cadiz, Spain. (Photo by Fran Santiago/Getty Images)
Gelandang Barcelona Frenkie de Jong mendapatkan kartu merah kontroversial dalam hasil imbang di markas Cadiz. (Foto: Getty Images/Fran Santiago)
Cadiz -

Kartu merah Frenkie de Jong menambah pahit Barcelona usai hanya seri di markas Cadiz. Hukuman gelandang Belanda itu dipedebatkan. Apa iya De Jong layak diusir?

Bertandang ke Estadio Nuevo Mirandilla, Jumat (24/9/2021) dinihari WIB, Barca harus puas dengan hasil 0-0. Blaugrana minim peluang usai hanya menciptakan enam percobaan (2 on target), kalah agresif dari Cadiz yang membuat 13 percobaan (3 on target).

Di tengah kesulitan mencetak gol, Barcelona mesti bermain dengan 10 pemain. De Jong mesti keluar dari area permainan setelah diacungi kartu kuning keduanya oleh wasit di menit ke-65, hanya empat menit setelah kartu kuning pertamanya.

Namun, kontroversi mengikuti kartu merah Frenke de Jong. Pasalnya, dalam potongan video singkat yang beredar di jagat maya justru menunjukkan bahwa De Jong tidak melakukan pelanggaran terhadap Luis Alfonso Espino.

Saat itu De Jong dan Espino sedang mengejar bola dari arah berlawanan. De Jong kemudian menyentuh bola lebih dulu ketimbang Espino sebelum bek kiri itu jatuh tersungkur.

Sejumlah pemain Barcelona, termasuk Gerard Pique dan Sergi Roberto melancarkan protes terhadap wasit Carlos del Cerro tapi tidak dapat mengubah keputusannya.

Seorang wasit LaLiga, Alfonso Perez Burrull, meyakini aksi De Jong tidak pantas dikartu merah. "Melihat dua pelanggaran yang dilakukan si pemain Barcelona, sehingga Barcelona bermain dengan 10 orang itu bukan tindakan yang tepat," kata dia di Marca.

Dengan demikian, Frenkie De Jong dipastikan akan absen saat Barcelona menjamu Levante di akhir pekan ini. Sebuah kerugian lain bagi Barca karena De Jong merupakan salah satu penampil terbaik di musim ini usai mengemas dua assist dalam empat laga LaLiga.



Simak Video "Neymar Cedera, Angin Segar Untuk Barca Kalahkan PSG?"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/bay)