Barcelona Lebih Buruk Tanpa Messi? Ini Faktanya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 27 Sep 2021 14:10 WIB
Jakarta -

Perjalanan Barcelona di Liga Spanyol awal musim ini banyak menuai kritik, dan kepergian Lionel Messi dianggap jadi penyebabnya. Namun faktanya, hasil yang diraih Sergio Busquets dkk sekarang lebih baik dari musim lalu, saat La Pulga masih ada.

Musim ini, Barcelona agak tersendat di LaLiga. Skuad asuhan Ronald Koeman memang belum terkalahkan, namun sudah tiga hasil imbang yang mereka raih, yakni saat melawan Athletic Bilbao, Granada, dan Cadiz.

Padahal, dua nama terakhir di atas kertas seharusnya bukan masalah berarti bagi Barcelona, tapi tetap saja tiga poin gagal diraih. Hal ini yang membuat Barcelona kemudian menjadi sasaran kritik.

Segalanya makin runyam saja jika melihat kekalahan 0-3 atas Bayern Munich di Liga Champions, di mana Barcelona gagal melepaskan satu pun shot on goal. Koeman pun belakangan ini diisukan akan dipecat, dengan Xavi Hernandez atau Roberto Martinez dijagokan sebagai pengganti.

Namun kemenangan 3-0 atas Levante pada Minggu (26/9) lalu setidaknya bisa meredakan isu miring itu untuk sementara. Plus, jika melihat perbandingan dengan hasil musim lalu, Koeman sebetulnya tak buruk-buruk amat.

Barcelona saat ini sudah mengumpulkan 12 poin dari 6 laga, dan duduk di peringkat enam klasemen sementara Liga Spanyol. Mereka cuma tertinggal 5 poin dari Real Madrid yang ada di puncak klasemen, tapi sudah bermain sekali lebih banyak.

Dibandingkan musim lalu saat Messi main, Barcelona cuma berada di posisi 12 setelah 6 laga, dan baru mengumpulkan 8 poin, hasil dua kali menang, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

Jumlah torehan gol Barcelona sekarang juga lebih baik dibandingkan periode yang sama musim lalu. Barcelona sudah mencetak 11 gol musim ini, sedangkan di musim lalu, mereka 'cuma' mengemas 10 gol.

Hal itu disebabkan Messi yang telat panas di musim lalu, di mana keran golnya baru mulai lancar di bulan November. Sebelumnya, bintang Argentina itu cuma menyumbang sebiji gol saja di enam laga.

BARCELONA, SPAIN - AUGUST 29: Head coach Ronald Koeman of FC Barcelona looks on during the La Liga Santader match between FC Barcelona and Getafe CF at Camp Nou on August 29, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)Ronald Koeman dan stafnya masih mampu membawa Barcelona tak terkalahkan di LaLiga sejauh ini. Foto: Getty Images/David Ramos

Di sektor pertahanan, Barcelona pun baru kebobolan 5 kali. Sedangkan di musim lalu, mereka sudah kebobolan 6 kali dari 6 laga.

Barcelona saat ini mungkin sudah tak punya pemain pembeda seperti Messi. Pemain sekelas Luis Suarez dan Antoine Griezmann juga sudah hengkang. Menjagokan mereka juara Liga Champions di akhir musim mungkin akan dicap gila.

Namun Barcelona, di tengah tekanan yang ada dan problem cedera yang mendera, masih mampu merangkak menuju papan atas LaLiga, dan terlalu terburu-buru rasanya jika menganggap mereka akan gagal total di musim ini.

(adp/aff)