Ronald Koeman Dipecat Usai Atletico Madrid Vs Barcelona?

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 01 Okt 2021 06:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 08: Ronald Koeman, head coach of FC Barcelona looks on during the Joan Gamper Trophy match between FC Barcelona and Juventus at Estadi Johan Cruyff on August 08, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (Foto: Eric Alonso/Getty Images)
Barcelona -

Nasib Ronald Koeman di Barcelona sudah di ujung tanduk. Ada laporan pelatih Belanda itu bakal dipecat usai laga melawan Atletico Madrid akhir pekan ini.

Koeman gagal membawa Barcelona bangkit di awal musim 2021/2022. Pelatih 58 tahun itu baru saja membawa Blaugrana terpeleset lagi.

Di matchday kedua Liga Champions, Barcelona dihajar Benfica di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. Itu menjadi hasil minor keempat dari lima laga terakhir Barcelona.

Hasil melawan Benfica juga menjadi kekalahan kedua Barcelona di Liga Champions musim ini. Sebelumnya, raksasa Catalan itu juga dilumat Bayern Munich 0-3.

Total, Barcelona belum menang lagi di lima pertandingan terakhirnya di kompetisi Eropa itu sejak musim lalu saat dilatih Koeman.

Situasi itu membuat Ronald Koeman terpojok. Rumor pemecatannya dari kursi pelatih Barcelona, yang sudah berhembus sejak dikalahkan Bayern Munich, kini kian menguat.

Dilansir Daily Mail, pejabat Barcelona langsung rapat usai kekalahan dari Benfica. Bukan lagi membahas apakah Koeman aman atau tidak, melainkan soal waktu pemecatannya.

Presiden Joan Laporta disebut akan memecat Koeman usai laga melawan Atletico Madrid vs Barcelona di pekan ke-8 Liga Spanyol, Minggu (3/10). Koeman sendiri tak bisa mendampingi tim di laga melawan Atletico, sebab sedang dihukum larangan mendampingi tim dua laga. Setelah Levante, laga melawan Atletico juga tak bisa ia dampingi.

Menurut SPORT, Barcelona kabarnya tak berniat memecat Koeman sebelum laga melawan Atletico. Klub tetap ingin menghormati sang pelatih, bahkan siap mempertahankannya sampai jeda internasional mendatang.

Waktu pemecatan sudah ditetapkan, kini soal pembayaran kompensasi Koeman. Barcelona kabarnya sedang menimbang-nimbang soal itu.

Barcelona kabarnya harus membayar 12 juta Euro jika memecat Koeman. Hal itu tentu berimbas pada keuangan klub, yang mana Barcelona sedang kena pembatasan gaji karena krisis keuangan. Barcelona sendiri cuma bisa membelanjakan uang sebanyak 97 juta Euro musim ini.

Sejauh ini, sudah ada beberapa kandidat pengganti Ronald Koeman di Barcelona. Ada Andrea Pirlo, Roberto Martinez, dan Xavi Hernandez.

Lihat juga video 'Barcelona Sulit Menang, Koeman Digoyang':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/mrp)