Curhat Umtiti yang 'Diasingkan' di Barcelona

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 20 Okt 2021 08:25 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Samuel Umtiti of FC Barcelona looks on prior to the LaLiga Santander match between FC Barcelona and Levante UD at Camp Nou on September 26, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Bek Barcelona Samuel Umtiti belum pernah dimainkan oleh Ronald Koeman di musim ini (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Bek Barcelona Samuel Umtiti curhat soal situasinya di klub. Tak masuk rencana Ronald Koeman, Umtiti menghadapi masa-masa sulit dalam kariernya.

Umtiti sempat masuk daftar jual Barcelona pada musim panas lalu demi mengurangi beban gaji. Namun, bek internasional Prancis itu memilih untuk bertahan di Camp Nou dan menghormati kontraknya yang berjalan sampai 2023.

Umtiti kemudian disoraki oleh suporter Barcelona dalam laga pramusim. Suporter menilai keputusan bek berusia 27 tahun itu untuk bertahan jadi salah satu faktor yang membuat Barcelona gagal mempertahankan Lionel Messi.

Dengan kondisi fisik yang sudah lebih baik usai pulih dari cedera lutut, Umtiti mengaku siap membantu Barcelona. Namun, musim ini dia sama sekali belum pernah dimainkan oleh Ronald Koeman.

"Sorakan itu menyakitkan. Saya tidak pernah berpikir itu akan terjadi di klub ini karena ini adalah klub yang saya cintai," ujar Umtiti kepada Mundo Deportivo seperti dilansir ESPN.

"Ini berat (secara mental). Pernah ada momen berat karena cedera, tapi saya sekarang lebih baik secara fisik. Saya senang, tapi saya ingin bermain dan membantu tim."

"Pelatih membuat keputusan dan saya harus menunjukkan saya cukup bagus untuk main. Saya harus terus berlatih keras."

Samuel Umtiti tak menampik kadang 'merasa sendirian' di Barcelona. Dia juga mengungkap pembicaraan emosional dengan presiden Barcelona kala itu, Joan Laporta, yang meyakinkan klub untuk memberinya kesempatan kedua.

"Itu adalah obrolan yang sangat penting buat saya. Saya perlu mencurahkan perasaan saya dan agar dia tahu kalau saya dalam kondisi bagus dan saya ingin membantu tim," kata Umtiti.

"Saya menangis dalam pertemuan itu. Kami bicara soal beberapa masalah sulit, cukup intens. Saya tidak banyak bicara, tapi kalau saya bilang, itu dari hati saya," katanya.

(nds/yna)