Koeman: Meski Kalah, Barcelona Sudah Repotkan Madrid

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 25 Okt 2021 18:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 24: Ronald Koeman, Head Coach of FC Barcelona looks dejected during the LaLiga Santander match between FC Barcelona and Real Madrid CF at Camp Nou on October 24, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Ronald Koeman mengapresiasi perjuangan anak asuhannya meski kalah dari Real Madrid (Foto: Getty Images/Eric Alonso)
Barcelona -

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengapresiasi perjuangan anak asuhannya, meski kalah dari Real Madrid. Menurutnya, Barcelona sudah bisa menyulitkan Madrid.

Barcelona takluk 1-2 dari Real Madrid di Camp Nou dalam laga yang bertajuk El Clasico, Minggu (24/10/2021) malam WIB. Dua gol El Real lahir dari David Alaba pada menit ke-32, serta Lucas Vazquez (menit ke-90+2'). Tuan rumah hanya mampu memperkecil ketinggalan dari Sergio Aguero (90+6').

Kekalahan tersebut membuat Blaugrana terperosok ke peringkat ke-9 dengan raihan 15 poin. Ronald Koeman, jelas menjadi sorotan akibat hasil buruk ini.

Mobil Koeman bahkan dikerubungi fans Barcelona yang murka usai laga. Mereka meneriaki pria asal Belanda ini sambil memukul-mukul bodi mobil miliknya.

Koeman mewajarkan rasa frustrasi yang ditunjukkan para fans tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa ada secerca hal positif yang ditunjukkan anak asuhannya di El Clasico.

Koeman mengatakan bahwa Barcelona sebenarnya mampu menyulitkan Madrid terutama di babak pertama. Kegagalan El Barca mencetak gol lebih dulu jadi sebab mereka kalah di laga ini.

Secara statistik Barcelona memang unggul tipis secara penguasaan bola. Dikutip dari Opta, Barcelona mencatatkan ball possesion sebesar 51,6 persen dibanding 48,4 persen milik Madrid.

Barcelona juga membuat 12 tembakan, lebih banyak dari Madrid yang hanya melepas 10 sepakan. Namun, Madrid lebih efektif dengan lima tembakan mereke mengarah ke gawang sedangkan Barcelona hanya bikin dua shoot on target.

"Saya memahami rasa frustrasi banyak orang. Namun, hari ini kami telah menunjukkan bahwa kami tidak kalah dengan Real Madrid," kata Koeman dikutip dari Marca.

"Jika kami membuat skor menjadi 1-0 dan tidak kebobolan, semuanya akan berubah."

"Memang benar bahwa kami bagus di babak pertama dan kami mengendalikan permainan dengan baik. Kami memiliki peluang besar untuk memimpin."

"Tetapi di babak kedua, mereka telah melakukan bagian mereka dan bertahan dengan baik. Kami belum mampu menciptakan ancaman."

"Anda harus waspada dengan serangan balik mereka. Tim melakukan yang terbaik untuk bermain imbang. Kami kecewa dengan hasilnya tetapi tidak dengan apa yang telah kami lakukan sebagai tim," jelasnya.

(pur/krs)