Barcelona Tunjuk Pelatih Interim Pengganti Koeman

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 20:00 WIB
Barcelona -

Barcelona resmi menunjuk pelatih interim menggantikan Ronald Koeman. Sergi Barjuan, pelatih Barcelona B, yang ditunjuk menangani sementara Blaugrana.

Barcelona mendepak Koeman dari jabatan pelatih tim utama, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. Juru taktik asal Belanda itu dinilai gagal membawa Los Cules bersaing di papan atas Spanyol dan Eropa sejak menukangi tim pada Agustus 2020.

Sejumlah nama pengganti Koeman di Barcelona telah dikaitkan. Xavi Hernandez menjadi kandidat terkuat untuk menduduki posisi pelatih di Camp Nou.

Kendati demikian, Barcelona dan Xavi sejauh ini belum menyepakati perjanjian kerja sama. Klub asal Catalunya itu justru lebih dulu mengumumkan nama pelatih interim mereka pada Kamis malam WIB.

Sergi Barjuan yang saat ini menukangi Barcelona B dipromosikan sebagai pelatih utama. Dia bakal menangani Memphis Depay dkk sampai pihak klub mendapatkan entrenador anyar.

"FC Barcelona dengan ini mengumumkan bahwa Sergi Barjuan, pelatih Barça B saat ini, akan mengambil alih sementara manajemen teknis skuad senior. Posisi sementaranya sebagai pelatih kepala tim utama akan berakhir segera setelah klub merekrut pelatih kepala penuh waktu untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat," begitu isi pernyataan resmi Barcelona.

Barjuan adalah mantan pemain Barcelona era 1990-an yang berasal dari produk akademi klub. Dia pernah menjadi tandem Ronald Koeman di lini belakang Los Cules asuhan Johan Cruyff.

Barjuan pensiun sebagai pemain di Atletico Madrid pada 2005. Dia terjun ke dunia kepelatihan pada 2009 bersama tim junior Barcelona, serta berkarier di Recreativo (2012-2014), Almeria (2015), Real Mallorca (2017) dan Zheijang Greentown (2017-2019).

Pelatih 49 tahun itu kemudian kembali ke Catalunya pada 2021. Sergi Barjuan menangani tim Barcelona B, hingga akhirnya ditunjuk sebagai pelatih interim Blaugrana.

(bay/cas)