Barcelona Cuma Punya Rp 168 M untuk Belanja Pemain Januari

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 12 Nov 2021 07:45 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 08: New FC Barcelona Head Coach Xavi Hernandez (R) applauds fans next to Joan Laporta, President of FC Barcelona during a press conference at Camp Nou on November 08, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Xavi Hernandez tak punya uang banyak untuk belanja di Januari (Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Xavi Hernandez sepertinya harus menahan diri untuk belanja pemain musim dingin. Sebab, anggaran transfer Barcelona kecil sekali. Duh!

Xavi baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ronald Koeman. Dikontrak hingga 2023, Xavi punya misi menyelamatkan musim Los Cules yang kadung berantakan.

Tugas Xavi memang berat karena belum apa-apa, dia sudah mendapat kabar cedera bergantian. Saat ini ada 11 pemain Barcelona di ruang perawatan, termasuk empat di antaranya adalah striker!

Dengan demikian, Barcelona cuma punya Memphis Depay, Yusuf Demir, dan Luuk de Jong hingga awal tahun. Sebab, Ousmane Dembele, Sergio Aguero, Martin Braithwaite, dan Ansu Fati absen dengan rentang waktu cukup lama.

Maka dari itu, Xavi pun harus mencari personil baru untuk lini serang jika ingin awal kariernya mulus. Dikutip Mundo Deportivo, ada tiga nama yang jadi incaran utama Xavi, seperti Dani Olmo, Ferran Torres, dan Raheem Sterling.

Tapi, keinginan Xavi sudah pupus duluan karena kondisi keuangan Barcelona yang tak memungkinkan. Sebab, Barcelona cuma punya duit belanja kurang dari 10 juta euro atau sekitar Rp 168 miliar.

Badget transfer Xavi berkurang dari yang seharusnya di angka 20 juta euro, seperti yang dikatakan CEO Barcelona Ferran Reverter. Sayangnya sudah terpangkas setelah Ansu Fati dan Pedri mendapat kontrak baru.

Menyusul krisis keuangan Barcelona di tengah pandemi virus corona, klub memang dibatasi betul pergerakannya di bursa transfer sekaligus juga soal gaji pemain.

Barcelona cuma boleh mengeluarkan uang 97 juta euro untuk operasional klub, yang bikin Lionel Messi akhirnya cabut, dari sebelumnya di atas 300 juta euro.

Belum lagi ada utang yang menggunung sampai 1,4 miliar euro. Bahkan uang pesangon Koeman senilai 12 juta euro juga belum dibayar termasuk kompensasi kontrak Xavi di Al Sadd senilai 5 juta euro.

Dengan kondisi saat ini, Barcelona kemungkinan bakal mendatangkan pemain murah atau setidaknya meminjam dulu ke klub lain.

(mrp/rin)