Awan Kelabu Luuk de Jong di Barcelona

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 16 Des 2021 21:15 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Luuk de Jong of FC Barcelona looks on during the LaLiga Santander match between FC Barcelona and Levante UD at Camp Nou on September 26, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Luuk de Jong tersisihkan di Barcelona. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Masa depan Luuk de Jong di Barcelona tampak kelabu. Tak lagi diinginkan Xavi Hernandez, striker Belanda itu mau dilepas di bursa musim dingin ini.

De Jong didatangkan Barcelona era pelatih Ronald Koeman pada awal musim ini. Dia menjadi pemain pinjaman dari Sevilla dengan kontrak hingga akhir musim.

Sempat dimainkan beberapa kali di lini serang Barcelona, karier De Jong di Camp Nou meredup selepas dipecatnya Koeman akhir Oktober lalu. Penyerang 31 tahun itu tersisihkan ketika Xavi ditunjuk sebagai pelatih anyar Blaugrana.

Luuk de Jong sejauh ini baru mencatatkan delapan pertandingan di Liga Spanyol bersama Barcelona. Dia hanya mampu mencetak satu gol, sebelum akhirnya diparkir di bangku cadangan.

Barcelona tampaknya sudah tak lagi memasukkan De Jong ke dalam rencana permainan. Eks bintang PSV Eindhoven itu diizinkan meninggalkan Camp Nou pada akhir tahun ini, atau awal tahun 2022.

Dua klub Turki, Fenerbahce dan Besiktas, disebut-sebut tertarik mendatangkan De Jong di bursa musim dingin ini. Di satu sisi, Barcelona juga berusaha melepas sang pemain ke klub Italia, Inter Milan.

Menukil laporan Tuttosport, Barcelona ingin menukar guling De Jong dengan Alexis Sanchez di Inter. Kedua pihak disebut-sebut sudah mendekati kata sepakat untuk transfer tersebut.

Sanchez sendiri sudah tidak asing dengan Barcelona, lantaran pernah memperkuat Blaugrana pada periode 2011-2014. Xavi dikabarkan lebih memilih mendatangkan kembali Sanchez ketimbang menggunakan jasa De Jong.

Andai transfer tersebut terwujud, maka Luuk de Jong akan bermain di Italia untuk pertama kali sepanjang kariernya. Dia sebelumnya pernah mencicip atmosfer Premier League bersama Newcastle United dan Bundesliga (Borussia Moenchengladbach).

(bay/cas)