Gareth Bale Bisa Pensiun Usai Kontraknya Habis di Real Madrid

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 07 Jan 2022 21:00 WIB
MADRID, SPAIN - FEBRUARY 16: Gareth Bale of Real Madrid looks on during the La Liga match between Real Madrid CF and RC Celta de Vigo at Estadio Santiago Bernabeu on February 16, 2020 in Madrid, Spain. (Photo by Angel Martinez/Getty Images)
Gareth Bale bisa pensiun usai kontraknya dengan Real Madrid berakhir. Foto: (Getty Images/Angel Martinez)
Jakarta -

Gareth Bale mungkin saja akan pensiun usai selesai dengan Real Madrid. Keputusan itu akan bergantung pada lolos atau tidaknya Wales ke Piala Dunia 2022.

Bintang sepakbola berusia 32 tahun itu sedang memasuki bulan-bulan terakhirnya di Real Madrid. Bale akan menjadi free agent pada musim panas karena Madrid tidak berminat menambah durasi kontraknya, yang akan habis di musim panas nanti.

Di sisi lain Wales mesti melakoni playoff melawan Austria di semifinal pada 25 Maret mendatang. Jika menang, Bale akan memimpin Wales menghadapi Skotlandia atau Ukraina untuk satu tiket di putaran final di Qatar yang digelar November nanti.

Hasil Wales akan menentukan kelanjutan karier Gareth Bale. Berdasarkan laporan The Athletic, andai Wales terjegal maka Bale akan mempertimbangkan untuk gantung sepatu. Mantan bintang Tottenham Hotspur itu dipercaya telah memiliki finansial yang cukup untuk melanjutkan hidupnya sehingga tidak lagi termotivasi mencari penghasilan.

Tapi bagaimana jika Wales tembus ke Piala Dunia 2022? Laporan tersebut mengungkapkan, tidak ada jaminan Bale akan mencari klub di level tertinggi. Bale hanya akan fokus penuh menjaga kebugarannya demi memperkuat Wales di Qatar.

Bale dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di generasinya. Nama Bale mulai menanjak setelah bergabung dengan Tottenham Hotspur pada 2007, sebelum pindah ke Real Madrid enam musim kemudian.

Karier Bale ibukota Spanyol mengalami pasang surut sekalipun sukses memenangi dua titel juara LaLiga dan empat Liga Champions. Bale begitu rentan cedera dan sempat dipinjamkan ke Tottenham pada musim lalu.

Di musim ini, Gareth Bale baru bermain selama 193 menit dalam empat pertandingan Real Madrid. Akan tetapi, Bale belum lagi merumput sejak tampil dalam kemenangan Madrid 1-0 di markas Real Betis pada 28 Agustus 2021.

(rin/krs)