Simeone Harus Pergi kalau Atletico Gagal Lolos ke Liga Champions

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 22:30 WIB
Atletico Madrids Argentinian coach Diego Simeone reacts during the Spanish Super Cup semi-final football match between Athletic Bilbao and Atletico Madrid on January 13, 2022, at the King Fahd International stadium in the Saudi capital of Riyadh. (Photo by AFP)
Diego Simeone mesti dipecat jika Atletico Madrid gagal lolos ke Liga Champions musim depan. (Foto: AFP)
Madrid -

Atletico Madrid sedang dalam situasi kurang ideal di Liga Spanyol. Jika Atletico gagal finis empat besar di akhir musim, pelatih Diego Simeone mesti dipecat.

Simeone telah 11 tahun membesut Atletico. Selama ini Cholo telah mempersembahkan total delapan trofi juara termasuk dua gelar LaLiga dan Liga Europa, serta dua kali menjejak final Liga Champions. Simeone pun menjadi figur yang sangat dihormati di klub.

Namun, performa Los Rojiblancos di musim ini seperti terjun bebas sekalipun diperkuat oleh pemain-pemain sekelas Luis Suarez dan Antoine Griezmann. Atletico telah kehilangan kesempatan memenangi Copa del Rey usai disingkirkan Real Sociedad di babak 16 besar. Kemudian di Liga Spanyol, Atletico sempat mencatatkan laju terburuk di era Simeone usai kalah empat kali beruntun, sebelum mengakhirinya dengan kemenangan atas Rayo Vallecano.

Alhasil, Atletico Madrid tertinggal 13 poin dari Real Madrid di puncak klasemen meski masih memiliki satu pertandingan di tangan. Saat ini Atletico mengumpulkan 33 poin, terpaut empat poin dari Real Betis di atasnya dan menghadapi persaingan finis empat besar dari tim-tim lainnya seperti Real Sociedad, Barcelona, Rayo, dan Villarreal.

Gonzalo Calderon, cucu dari Presiden ikonik Atletico, Vicente Calderon, secara terbuka mengkritik Diego Simeone. Menurut Calderon, Simeone sudah sepatutnya diganti jika Atletico gagal ke Liga Champions musim depan.

"Orang yang paling bertanggung jawab adalah Simeone. Saya tidak tahu apakah dia menyalahkan saya tapi saya ingin sekali berbicara dengan dia," ucap Gonzalo Calderon kepada Radio Marca. "Pelatih lain yang ada di posisi Simeone sudah pasti dipecat atau diberikan ultimatum."

"Apa yang sudah Cholo lakukan itu memang bersejarah, tapi tidak ada hal yang abadi dan tidak ada orang yang lebih besar daripada klub. Bahkan kakek saya pun tidak, dan situasi Atletico sekarang itu sangat mengkhawatirkan."

"Kalau dia tidak mampu membawa Atletico Madrid tembus Liga Champions, siklus dia bisa berakhir sewajarnya berakhir karena saya kira Atletico tidak akan mampu membayar beberapa pemain tertentu atau membayar pelatih dengan gaji yang sekarang," ceplos Calderon.

(rin/krs)