ADVERTISEMENT

(Masih) Dicari! Eksekutor Bola Mati Barca Sepeninggal Messi

Bayu Baskoro - Sepakbola
Minggu, 13 Feb 2022 13:00 WIB
Barcelonas Memphis Depay scores from a penalty kick during a Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Levante at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Sunday, Sept. 26, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)
Barcelona masih mencari eksekutor bola mati. (Foto: AP/Joan Monfort)
Barcelona -

Barcelona belum menentukan eksekutor bola mati sepeninggal Lionel Messi. Blaugrana masih mencari sosok pengganti La Pulga untuk tugas tersebut.

Barcelona kehilangan spesialis tendangan bebas dan penalti selepas cabutnya Messi ke Paris Saint-Germain. Bintang Argentina itu total membukukan 72 gol penalti dan 50 gol free kick selama berkarier di Camp Nou.

Memphis Depay dan Philippe Coutinho mengambil peran algojo penalti Barcelona sejak awal musim 2021/2022. Depay sukses menyarangkan tiga gol dari empat kesempatan, sementara Coutinho satu gol dalam satu kali tendangan 12 pas.

Selain penalti, Depay juga beberapa kali mengambil bola tendangan bebas Barcelona. Dani Alves dan Jordi Alba turut melakukannya dalam berbagai kesempatan.

Xavi Hernandez selaku pelatih Barcelona belum puas dengan performa eksekutor-eksekutor bola mati Los Cules. Dia mengaku menyiapkan spesialis-spesialis lain yang dianggap berpotensi.

"Itu adalah sesuatu yang telah kami kerjakan dalam pelatihan. Memang benar kami tidak memiliki spesialis yang jelas, tetapi kami punya banyak pemain yang dapat melakukan tendangan bebas sangat baik," kata Xavi, dikutip dari Mundo Deportivo.

"Itu adalah sesuatu yang harus Anda latih. Messi sendiri tidak mengambil tendangan bebas sampai Tito Vilanova menyuruhnya pada usia 20 atau 21 tahun. Dia kemudian menjadi eksekutor free kick terbaik dalam beberapa tahun terakhir," sambungnya.

"Kami akan membuat daftar untuk setiap pertandingan. Pedri, Ferran Torres atau De Jong, juga Braithwaite, mereka melakukan free kick dengan sangat baik meskipun mereka tidak pernah mengambilnya. Mereka telah melatihnya hari ini dan kami memiliki penendang bagus lainnya, seperti Memphis atau Alves,".

"Busquets adalah pengambil penalti yang baik, Aubameyang juga seorang spesialis atau Memphis yang mengambil penalti dengan sangat baik pada derby paruh pertama. Pique juga seorang eksekutor yang lumayan,".

"Kami sudah terbiasa memiliki Messi, sampai-sampai dia memonopoli segalanya. Kini kami memiliki spesialis-spesialis," Xavi Hernandez mengungkapkan.

(bay/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT