ADVERTISEMENT

Pedri Ngolongin Lawan dengan Tumit, Belajar dari Xavi?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 01 Mar 2022 09:20 WIB
VALENCIA, SPAIN - FEBRUARY 20: Pedri of FC Barcelona celebrates after scoring their teams fourth goal during the LaLiga Santander match between Valencia CF and FC Barcelona at Estadio Mestalla on February 20, 2022 in Valencia, Spain. (Photo by Aitor Alcalde/Getty Images)
Pedri tampil cemerlang kala Barcelona libas Athletic Bilbao 4-0. (Foto: Getty Images/Aitor Alcalde)
Jakarta -

Pedri tampil impresif kala Barcelona menaklukkan Athletic Bilbao. Penampilannya yang ciamik ditandai dengan sebuah aksi ngolongin lawan dengan tumit.

Pedri menjadi motor permainan Barcelona kala melibas Athletic Bilbao 4-0 di Camp Nou, Senin (28/2/2022) dini hari WIB. Ia melakukan 107 sentuhan, 92 umpan dengan akurasi 93,5%, punya 1 umpan kunci, dan tiga dribel sukses.

Ia memang tak terlibat langsung dalam terciptanya gol, tapi kerap menginisiasi serangan Barcelona. Salah satunya dalam proses terciptanya gol ketiga Barca yang dibuat Luuk de Jong.

Umpannya akuratnya kala memindahkan bola dari sisi kiri ke sisi kanan di sepertiga akhir lapangan diterima Ousmane Dembele. Tusukan Dembele itu dilanjutkan umpan silang yang dibelokkan De Jong ke dalam gawang.

Satu momen brilian lainnya dari Pedri adalah saat meloloskan diri dari tekanan pemain Bilbao di sisi kanan pertahanan Barca. Ia mengolongi pemain lawan dengan tumit!

Aksi Pedri itu sudah menjadi buah bibir di media sosial. Ada pula tayangan ulang yang membandingkannya dengan aksi serupa dari sang pelatih, Xavi Hernandez, saat masih bermain.

Xavi sendiri justru teringat akan mantan rekan setimnya, Andres Iniesta, saat melihat permainan Pedri di lapangan. Keduanya sama-sama punya kontrol bola yang sangat baik, tenang di bawah tekanan, visioner, dan flamboyan.

Tapi Pedri sendiri mengakui aksinya mengolongi lawan di area pertahanan sendiri adalah pertaruhan besar.

"Saya pasti habis kalau kehilangan bola, tapi untungnya berhasil," ujarnya kepada Movistar dikutip Sport.

Pedri digadang-gadang menjadi salah satu kunci kebangkitan Barcelona ke depannya, bersama dengan beberapa pemain muda lainnya. Baru 19 tahun, ia diperkirakan bakal semakin cemerlang seiring pengalaman yang terus bertambah.

"Ada banyak talenta di sepakbola. Saya harus bekerja jauh lebih keras untuk menjadi seseorang di dunia sepakbola," ujarnya merendah.

(raw/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT