Pique Dituding Kongkalikong dengan Federasi Bola Spanyol, Xavi Membela

ADVERTISEMENT

Pique Dituding Kongkalikong dengan Federasi Bola Spanyol, Xavi Membela

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 22 Apr 2022 01:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - MARCH 13: Gerard Pique of FC Barcelona looks on prior to the LaLiga Santander match between FC Barcelona and CA Osasuna at Camp Nou on March 13, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Gerard Pique diterpa isu kesepakatan proyek dengan federasi sepakbola Spanyol. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Bek Barcelona, Gerard Pique, diduga terlibat kepentingan pribadi dengan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Pelatih Xavi Hernandez membela anak asuhnya itu.

Sebuah rekaman pembicaraan antara Pique dengan Presiden RFEF, Luis Rubiales, bocor ke publik. Keduanya punya rencana memindahkan Piala Super Spanyol ke Arab Saudi.

Dalam kesepakatan itu, perusahaan Pique, Kosmos, bertindak menjadi perantara antara RFEF dengan Sela, perusahaan pemasaran olahraga Arab Saudi.

Kosmos mendapat komisi sebesar 24 juta Euro dalam kesepakatan itu. Hal itu yang dinilai adanya konflik kepentingan antara Pique dan Federasi Sepakbola Spanyol.

Pique juga dihantam isu lainnya yang juga melibatkan Rubiales. pemain aktif milik Barcelona itu berusaha meyakinkan Rubiales untuk mengatur pertemuan dengan pelatih Spanyol U-21 Luis de la Fuente, karena menginginkan tempat di dalam tim pada Olimpiade 2020 di Tokyo.

Xavi menanggapi kontroversi itu dalam konferensi pertandingan jelang Real Sociedad vs Barcelona, yang bergulir pada Jumat (22/4/2022) dini hari WIB.

"Dia mudah bergaul, dan senang menjadi bahan perbincangan. Tapi saya sebaliknya. Saya lebih diplomatis. Saya tahu dia. Jika dia tidak fokus, saya akan mengingatkan dia," kata Xavi seperti dikutip dari AS.

"Tapi (menjadi pusat perhatian) membuat dia seperti diisi bensin. Itu seperti adrenalin buat dia, seperti candu, namun dalam sudut padang positif. Dia lebih fokus," tegasnya.

Rubiales sudah bersuara terkait tudingan itu. Dia menegaskan bahwa proses kesepakatan tak menyalahi aturan dan menjamin tak ada konflik kepentingan di dalamnya.

"Komisi Kosmos dibayar oleh Arab Saudi dan bukan oleh federasi. Kami tidak memiliki hubungan keuangan dengan Pique atau Kosmos. Departemen kepatuhan kami memberi tahu kami bahwa tidak ada konflik kepentingan karena hubungan itu antara Arab Saudi dan Kosmos," kata Rubiales seperti dikutip dari ESPN.

"Masing-masing dari kami memiliki standar etikanya sendiri tetapi di FA Spanyol, kami memiliki tiga filter yang harus dilewati dan kesepakatan ini berhasil," tegasnya.



Simak Video "Xavi Ungkit Messi Usai Barcelona Juara Piala Super Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT