Barcelona Diburu Waktu Mengejar Real Madrid

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 17 Mei 2022 09:15 WIB
GETAFE, SPAIN - MAY 15: FC Barcelona pose for a photograph prior to kick off of the LaLiga Santander match between Getafe CF and FC Barcelona at Coliseum Alfonso Perez on May 15, 2022 in Getafe, Spain. (Photo by Aitor Alcalde/Getty Images)
Barcelona dikejar waktu untuk bisa menyamai Real Madrid musim depan (Getty Images/Aitor Alcalde)
Barcelona -

Barcelona punya pekerjaan besar untuk mengejar Real Madrid musim depan. Persoalannya untuk Los Cules tak cuma waktu, tapi juga uang.

Barcelona memang baru saja memastikan finis runner-up LaLiga dan tampil di Liga Champions. Selain itu, Barcelona juga main di Piala Super Spanyol musim depan.

Dengan demikian, Barcelona akan mendapatkan uang tampil sekitar 8 juta euro. Uang itu begitu penting untuk Barcelona di tengah krisis keuangan saat ini.

Hal itu pula yang membuat Barcelona sulit membangun tim tangguh sehingga Lionel Messi pergi. Alhasil, Barcelona untuk kedua kalinya dalam tiga tahun nirgelar!

Sementara Madrid justru jadi juara LaLiga dan berkesempatan menambah trofi Liga Champions. Padahal Madrid juga mengalami krisis finansial di era pandemi Covid-19, meski tak separah Barcelona.

Oleh karenanya, Madrid masih bisa memperkuat skuatnya termasuk mengejar Kylian Mbappe musim panas ini. Sementara, Barcelona harus memikirkan soal salary cap dulu sebelum membeli pemain.

Situasi inilah yang membuat pelatih Barcelona Xavi Hernandez berpikir bahwa klubnya punya tugas berat mengejar Madrid musim depan. Sebab Barcelona dituntut untuk bisa memangkas utang yang mana itu artinya memperketat pengeluaran.

Di satu sisi, Barcelona juga harus mendatangkan pemain baru agar bisa bersaing dengan Madrid. Apalagi mereka tertinggal 12 poin musim ini, yang sedikit menggambarkan bagaimana timpangnya kekuatan kedua tim.

"Kami akan memulai perencanaan musim depan sekarang. Kami tidak punya banyak waktu. Kami diburu waktu untuk segera membuat keputusan. Saya tahu apa yang kami butuhkan untuk bersaing. Klub tahu itu, direktur olahraga Mateu Alemany dan penasihat Jordi Cruyff tahu yang saya pikirkan," ujar Xavi Hernandez di ESPN.

"Apa yang kami lakukan tergantung pada situasi finansial kami. Jika memang bagus, saya optimistis bisa bersaing karena kami akan berupaya merebut semua trofi musim depan," sambungnya.

(mrp/pur)