Barcelona Susah Jual De Jong ke MU Karena Terikat Aturan LaLiga

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 22 Jun 2022 21:35 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 22: Frenkie De Jong of FC Barcelona looks on during the LaLiga Santander match between FC Barcelona and Villarreal CF at Camp Nou on May 22, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Frenkie de Jong tengah diincar Manchester United saat ini. Foto: Getty Images/Eric Alonso
Jakarta -

Besarnya utang yang ditanggung Barcelona saat ini membuat mereka tak bisa seenaknya bergerak di bursa transfer untuk membeli atau menjual pemain. Hal ini turut menghambat potensi transfer Frenkie de Jong.

Manchester United diketahui berminat mendatangkan gelandang asal Belanda tersebut. Setan Merah juga tahu keuangan Barcelona sedang sulit. Masalahnya, skema transfer yang diajukan MU tidaklah cocok dengan situasi Blaugrana saat ini.

Barcelona diketahui ingin biaya lebih besar dari 86 juta Euro, sebab itulah total harga yang harus mereka bayar ke Ajax saat merekrut De Jong pada 2019 lalu. Tak cuma itu, mereka ingin pembayaran penuh di muka.

Sementara itu, MU sudah pernah mengajukan tawaran di angka 60 juta Euro plus bonus, namun ditolak. Negosiasi sendiri saat ini masih berlangsung, namun MU juga tak mau menghabiskan uang banyak hanya untuk De Jong seorang.

Sebab MU 'hanya' menyiapkan dana 100-150 juta Pound saja. Masih ada target-target lain yang ingin dikejar.

Dilaporkan ESPN, Barcelona tak bisa apa-apa selain meminta harga mahal, sebab uang yang diperoleh dari penjualan pemain pun nantinya hanya bisa dipakai sepertiganya untuk kegiatan transfer.

Itu adalah aturan yang diberikan LaLiga, imbas utang yang bertumpuk. Jika hanya dibayar murah dan dicicil secara berkala, uang yang diperoleh tentu tak bisa dimaksimalkan Barcelona untuk kebutuhan tim, baik itu mencari pemain bagus atau untuk membayar utang.

Belum diketahui bagaimana kelanjutan negosiasi antara MU dan Barcelona. Sejauh ini, jika tawaran yang diajukan dirasa tak menguntungkan, tak tertutup kemungkinan transfer ini akan kolaps, atau Barcelona mencari klub lain yang berminat.

De Jong sendiri masih punya kontrak di Barcelona hingga 2026. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, ia mengaku masih bahagia di Camp Nou dan tak terpikir untuk melanjutkan karier di tempat lain.

(adp/krs)