ADVERTISEMENT

Duh, Barcelona Dituding Beli Aset Sendiri saat Tarik 'Tuas Ekonomi'

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 08 Agu 2022 20:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 10: General view inside the stadium prior to the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta de Vigo at Camp Nou on May 10, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Barcelona diduga menaruh uang sendiri saat aktivasi 'tuas ekonomi' (Foto: Getty Images/Alex Caparros)
Barcelona -

Barcelona dituding menaruh uang mereka sendiri demi menggelembungkan angka penjualan 'tuas ekonomi'. 150 juta euro dikeluarkan Barca untuk aksi tersebut.

Barcelona menerapkan economic levers atau 'tuas ekonomi' berupa penjualan sebagian aset klub. Total sudah tiga 'tuas' yang ditarik dari penjualan hak siar televisi dan saham Barca Studios.

25 persen hak siar televisi Barcelona dibeli Sixth Street selama 25 tahun. Perusahaan investasi Amerika Serikat itu membeli seharga 517 juta euro, tapi Blaugrana mengklaim investasi itu akan menghasilkan keuntungan sebesar 667 juta euro.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengatakan 667 juta euro telah diperhitungkan dan dia berharap tidak ada perbedaan interpretasi dari LaLiga. Kenyataannya, LaLiga menolak angka itu dan hanya mengakui keuntungan dari Sixth Street 517 juta euro.

Kongkalikong Barcelona dan Sixth Street

Menukil laporan COPE, Barcelona dan Sixth Street sudah memiliki relasi jauh sebelum penjualan hak siar televisi. Sixth Street dibawa oleh Key Capital, investor Liga Super Eropa yang digagas Real Madrid dan Barcelona.

Barcelona dan Sixth Street membuat anak perusahaan bernama Locksley Investments SL, dengan masing-masing pihak memiliki saham 50 persen. Blaugrana menjual hak siar televisi mereka kepada perusahaan tersebut.

Sixth Street hanya membeli hak siar televisi seharga 517 juta euro untuk jangka waktu 25 tahun. Barcelona memasukkan 150 juta euro untuk membeli hak siar televisi mereka sendiri, demi bisa mengambil alih hak siar di tahun ke-26 dan seterusnya.

Barcelona menggenapi keuntungan penjualan hak siar mereka menjadi 667 juta euro dari Locksley Investments SL. Uang 150 juta euro itu dimasukkan dari kantong Los Cules sendiri.

Operasi tersebut diterima perusahaan baru yang bertanggung jawab atas audit Barcelona, Grant Thornton. Kesepakatan ini membuat Locksley Investments SL pada memiliki hak siar televisi seumur hidup.

Barcelona melakukan operasi ini supaya LaLiga mau menerima hitung-hitungan 667 juta euro pendapatan yang diterima dari 'tuas ekonomi' yang ditarik. Angka tersebut menghindarkan mereka dari aktivasi economy levers lainnya atau penjualan aset klub lebih banyak.



Simak Video "Blaugrana Gagal Menang Semenit Sebelum Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT