ADVERTISEMENT

Barcelona Daftarkan 4 Pemain Baru Kecuali Kounde untuk Laga Perdana

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 13 Agu 2022 06:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 07: Pedro Gonzalez Pedri of FC Barcelona celebrates with Sergi Roberto, Robert Lewandowski and teammates after scoring his teams second goal during the Joan Gamper Trophy match between FC Barcelona and Pumas UNAM at Spotify Camp Nou on August 07, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Barcelona daftarkan empat pemain barunya jelang laga pertama di LaLiga. (Foto: Getty Images/Alex Caparros)
Jakarta -

Barcelona akhirnya bisa mendaftarkan sejumlah pemain barunya jelang pekan pertama LaLiga. Satu pemain masih harus menunggu, yakni Jules Kounde.

Barcelona sempat terancam tak bisa memainkan para pemain barunya di laga perdana musim ini kontra Rayo Vallecano di Camp Nou, Minggu (14/8/2022) dini hari WIB. Klub Catalunya itu tak memenuhi aturan finansial LaLiga, namun berhasil mendapatkan suntikan dana lewat sejumlah tuas ekonomi yang diaktifkan sepanjang musim panas ini.

Tuas ekonomi keempat yang diaktifkan pada Jumat (12/8), lewat penjualan 24,5% saham Barca Studios ke Orpheus Media senilai 100 juta Euro, memungkinkan Barca mendaftarkan empat pemain baru. Keempat pemain tersebut adalah Franck Kessie, Andreas Christensen, Robert Lewandowski, dan Raphinha.

Dua pemain yang memperpanjang kontrak yakni Ousmane Dembele dan Sergi Roberto juga telah didaftarkan, karena sempat tertahan aturan yang sama. Namun bek baru Jules Kounde masih harus menunggu untuk melakukan debutnya, dengan Barca perlu melonggarkan pos gaji untuk bisa mendaftarkannya.

Krisis finansial yang didera sejak kepemimpinan Josep Maria Bartomeu bikin Barcelona kelimpungan. Setelah kehilangan sejumlah pemain kunci termasuk Lionel Messi, Barca berbenah dan memangkas gaji-gaji pemain.

Pemangkasan itu ternyata tak cukup untuk lolos dari jerat krisis, mengingat pandemi COVID-19 turut memberikan pukulan lain. Presiden Barcelona Joan Laporta lantas mengungkap strategi yang dikenal dengan tuas ekonomi untuk melepaskan diri dari masalah finansial.

Selain terus memangkas gaji pemain, Barcelona juga menjual sejumlah aset. Total mereka sudah melepas 25% hak siar televisi ke perusahaan Amerika Serikat Sixth Street dalam tuas ekonomi pertama dan kedua, lalu 49% kepemilikan Barca Studios di tuas ekonomi ketiga dan keempat.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez sebelumnya sudah menyatakan optimismenya, bahwa para pemain baru bisa didaftarkan jelang lawan Rayo Vallecano.

"Klub sangat positif. Kami baru saja mengumumkan tuas ekonomi keempat dan kami yakin besok ini akan diatur. Mungkin enggak 100% ya, tapi kita lihat saja nanti," ungkapnya dikutip BBC.

"Kami masih punya waktu sampai dua jam sebelum kick-off. Klub melakukan upaya luar biasa. Saya sangat senang dan antusias dengan para rekrutan baru ini dan tim yang telah kami bangun," imbuhnya.



Simak Video "Xavi: Barcelona Bukan Favorit Juara Liga Europa, Tapi Sevilla"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT