ADVERTISEMENT

Dembele setelah 5 Tahun yang Sia-sia Itu...

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 22 Sep 2022 10:00 WIB
Barcelona -

Ousmane Dembele kini penting untuk Barcelona. Tapi, Dembele menyesali kalau situasi sekarang bisa lebih cepat datang andaikan tidak ada badai cedera.

Dembele "hidup" lagi bersama Xavi Hernandez. Padahal Dembele sempat dikabarkan akan dibuang Januari atau musim panas kemarin, karena dia lebih banyak berada di ruang perawatan ketimbang di lapangan.

Maka investasi Barcelona sebesar 110 juta euro saat memboyongnya dari Borussia Dortmund pada 2017 terbilang sia-sia. Padahal Dembele saat itu diharapkan bisa menggantikan peran Neymar di lini serang.

Tapi, boro-boro membantu tim, Dembele saja sulit untuk bisa bermain secara rutin. Bahkan pada musim 2019/2010, Dembele cuma main sembilan kali sepanjang musim!

Oleh karenanya, kehadiran Xavi benar-benar mengubah karier Dembele. Sejak dipercaya jadi pemain inti pada Januari 2022, Dembele menjelma jadi mesin assist untuk rekan-rekannya.

Meski cuma bikin dua gol, Dembele menyumbang 13 assist dan membangkitkan Barcelona hingga finis runner-up Liga Spanyol. Barcelona pun memperpanjang kontraknya hingga 2024.

Dengan demikian, dua tahun ke depan bakal jadi momen penebusan Dembele di klub Catalan tersebut. Dembele sudah tampil delapan kali dengan torehan dua gol dan dua assist musim ini.

"Gaya hidup saya masih seperti pemain muda kebanyakan (saat datang ke Barcelona). Tapi, saya mampu bangkit dari situasi itu. Kondisinya tidak seperti yang kebanyakan orang katakan," ujar Ousmane Dembele kepada Marca.

"Dari 2017 hingga 2021, waktu saya banyak terbuang karena cedera. Saya kehilangan lima tahun dalam hidup saya. Saya terus-terusan mengalami cedera hamstring. Jadi saya harus bekerja kerasa agar tidak stagnan. Saya harus lebih kuat agar tidak cedera," Dembele melanjutkan.

"Sejak saya mengubah gaya hidup, saya tidak pernah cedera. Kami berharap selalu seperti itu dan segalanya kini berjalan lancar. Saya merasa betah di Barcelona dan itu bagus mengingat apa yang telah saya lalui selama lima tahun. Kini semua orang cuma bicara sepakbola, lebih baik lah."

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT