Banyak Pemainnya Tumbang, Barcelona Tetap Tenang

ADVERTISEMENT

Banyak Pemainnya Tumbang, Barcelona Tetap Tenang

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 01 Okt 2022 06:00 WIB
WARSAW - Memphis Depay of Holland during the UEFA Nations League match between Poland and the Netherlands at the PGE Narodowy Stadium on September 22, 2022 in Warsaw, Poland. KOEN VAN WEEL (Photo by ANP via Getty Images)
Pemain Barcelona bertumbangan selama jeda internasional (ANP via Getty Images/ANP)
Barcelona -

Xavi Hernandez frustrasi karena para pemain Barcelona bertumbangan di jeda internasional. Tapi, pelatih Los Cules itu enggan menyalahkan siapapun.

Jeda internasional dimainkan dalam dua pekan terakhir dan jadi laga ujicoba terakhir tim nasional sebelum berlaga di Piala Dunia 2022. Oleh karenanya, para pemain terbaiknya pun dipanggil.

Termasuk Barcelona yang mengirim banyak pemainnya selama periode tersebut. Sayangnya, para pemain tersebut tidak semuanya kembali dalam kondisi sehat walafiat.

Ada empat pemain yang cedera selama membela timnas, yakni Memphis Depay, Frenkie De Jong, Ronald Araujo, dan Jules Kounde.

Kondisi ini jelas merugikan Barcelona karena keempatnya begitu penting di masing-masing lini. Dengan jadwal padat menunggu selama sebulan ke depan, 12 laga sampai 9 November, Barcelona tidak bisa memainkan tim terbaiknya.

Terkhusus Araujo yang merupakan bek tengah inti harus menepi lama karena naik meja operasi untuk memperbaiki cedera paha. Melihat laju tim di awal musim, jelas kondisi tersebut bikin Xavi selaku pelatih kesal.

Sebab, cedera itu membuat rencananya di periode sibuk ini berantakan. Ini belum menyertakan Hector Bellerin yang juga cedera di sesi latihan beberapa hari lalu.

Oleh karenanya, Xavi cuma bisa berharap empat pemain selain Araujo bisa lekas kembali untuk tampil di El Clasico dua pekan lagi.

"Benar-benar frustrasi, tapi saya tetap harus berpikir positif. Araujo absen melawan Madrid, itu sudah pasti. Tapi para pemain lain berpeluang main tergantung proses pemulihannya," ujar Xavi Hernandez di ESPN.

"Ada banyak faktor yang mempengaruhi cedera-cedera itu. Kami tidak tahu apa penyebab utamanya, Apakah perjalan panjang, bekerja dengan metode berbeda, jumlah pertandingan setiap pemain juga berbeda," Xavi menambahkan.

"Setiap kasus berbeda dan kami tidak mau menyalahkan siapapun. Mungkin kami harus lebih baik berkomunikasi dengan timnas. Ini cuma nasib buruk saja, tapi ini saatnya untuk menunjukkan kami punya skuad bagus."

(mrp/nds)

ADVERTISEMENT