DetikSepakbola
Kamis 04 Mei 2017, 10:37 WIB

Perkenalkan Kasper Dolberg, Wonderkid Ajax

Kris Fathoni W - detikSport
Perkenalkan Kasper Dolberg, Wonderkid Ajax Foto: Reuters / Toussaint Kluiters Livepic
Amsterdam - Siapa, sih, Kasper Dolberg? Namanya saat ini boleh jadi masih asing tapi di masa depan, atau setidaknya musim panas nanti, bisa saja berbeda. Ia adalah wonderkid Ajax.

Dolberg menjadi salah satu pencetak gol Ajax dalam kemenangan 4-1 atas Lyon di partai leg pertama semifinal Liga Europa di Amsterdam Arena, Rabu (3/5/2017).

Itu merupakan gol kelima Dolberg di Liga Europa 2016-17. Jumlah itu membuatnya jadi topskorer Ajax di kompetisi tersebut musim ini.




Secara keseluruhan, Dolberg sudah membuat 20 gol di semua ajang musim ini bersama Ajax. Lagi-lagi, tak ada rekan satu timnya yang punya jumlah gol lebih banyak di kurun waktu itu.




Nah, bagian teristimewa mengenai pencapaian itu adalah fakta bahwa Dolberg baru genap berusia 19 tahun pada 6 Oktober lalu. Ia bahkan baru sekarang menjalani menjalani musim penuh pertamanya bersama tim senior Ajax!

Menilik rekam jejak Dolberg di Transfermarkt.co.uk, penyerang asal Silkeborg, Denmark, tersebut merintis karier sepakbola bersama klub kota kelahirannya, Silkeborg IF. Mulai dari akademi, lalu ke tim U-19.

Dolberg kemudian dilirik Ajax. Kisah ini bertambah spesial karena yang melihat bakatnya tersebut adalah John Steen Olsen, pemantau bakat asal Denmark, yang menurut Ajax.NL merupakan sosok yang juga sudah menemukan bakat Zlatan Ibrahimovic, Markus Rosenberg, Christian Eriksen, dann Viktor Fischer.

Di Ajax, Dolberg lebih dulu tampil bersama tim U-19 selama satu musim. Baru awal musim 2016-17 ini ia dipromosikan ke tim senior.

Tak butuh lama buat pemain dengan postur 186cm/75kg itu untuk memperlihatkan kemampuannya di depan gawang lawan.

Menilik data Whoscored.com, Dolberg langsung bikin gol dalam debutnya ketika tampil di kualifikasi Liga Champions pada 26 Juli 2016. Golnya membuat Ajax berimbang 1-1 lawan PAOK Thessaloniki FC.

Data yang sama memperlihatkan Dolberg lalu memborong gol Ajax saat berimbang 2-2 dengan Roda JC pada 13 Agustus. Inilah gol-gol awalnya di Eredivisie dalam penampilan keempat bersama Ajax (dua di Eropa, dua di Eredivisie).

Dolberg bukan cuma jago mencetak gol melainkan juga lihai bikin assist; 20 golnya untuk Ajax dilengkapi dengan delapan assist. Kian istimewanya lagi, Transfermarkt.co.uk memaparkan bahwa dari 3.109 menit penampilannya bersama Ajax musim ini, cuma ada sebiji kartu kuning yang sudah ia terima.

Berkat atribut-atribut tersebut -- pemain muda, punya postur relatif ideal, jago bikin gol dan assist, dan memiliki tingkat kedisplinan bagus -- tak heran kalau Dolberg saat ini sudah santer dikaitkan dengan sejumlah klub.

Dua klub Manchester, City dan United, menjadi dua yang paling sering dihubungkan dengan pemain yang saat ini terikat kontrak sampai 2021 bersama Ajax itu.

Perkenalkan Kasper Dolberg, <I>Wonderkid</I> AjaxFoto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images

Terhadap minat dari dua klub top Eropa itu, Dolberg sudah pernah merespons dalam wawancaranya dengan FourFourTwo. Ia tampaknya belum berpikir sampai ke situ.

"Tujuan saya (musim ini) adalah main untuk tim cadangan Ajax, jadi pemain terbaik, dan mungkin bisa tampil di beberapa laga untuk tim pertama. Tapi kemudian Arek Milik ke Napoli dan saya dapat kesempatan," ucapnya.

"Setelah itu di partai pembuka musim saya main dan bikin gol lawan PAOK di kualifikasi Liga Champions. Sejak itu saya kian termotivasi. Pelatih memberi saya kepercayaan diri untuk bermain sebagaimana biasa saya lakukan.

"Saat ini pindah ke City atau United merupakan langkah yang terlalu besar. Penting buat saya untuk terus bermain, karena saya tak tahu apa yang bisa terjadi di masa depan," sebutnya.

Sekarang sudah lebih ngeh dengan Kasper Dolberg si wonderkid Ajax, kan?



(krs/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed