DetikSepakbola
Senin 30 Juni 2014, 09:22 WIB

Keylor Navas, Penjaga Napas Kosta Rika

- detikSport
Keylor Navas, Penjaga Napas Kosta Rika Getty Images
Recife - Keylor Navas lagi-lagi menjadi pahlawan kemenangan Kosta Rika. Penjaga gawang berusia 27 tahun itu berhasil menggagalkan tendangan Theofanis Gekas dari titik putih dalam drama adu penalti.

Kosta Rika berpeluang lolos dengan mudah ke perempat final setelah kapten Bryan Ruiz membobol gawang Yunani pada menit 52. Akan tetapi, langkah Los Ticos menjadi sulit setelah kehilangan bek Oscar Duarte yang diganjar dua kali kartu kuning.

Bermain dengan 10 pemain di Stadion Arena Pernambuco, Kosta Rika harus bekerja ekstra menahan serangan demi serangan tim ‘Para Dewa’. Menurut catatan ESPN FC, Navas melakukan tujuh penyelamatan. Ini sangat berbeda dengan kiper lawan Orestis Karnezis yang tidak melakukan penyelamatan.

Gawang Kosta Rika pun jebol juga di injury time babak kedua. Berawal dari sebuah tembakan pemain Yunani dari sisi kiri gawang, Navas semula bisa membloknya, tapi bola muntah mengarah ke Sokratis Papastathopoulos yang langsung ditembak. Bola gagal dihalau kiper Levante musim lalu itu.

Dengan skor akhir waktu normal 1-1, pertandingan berlanjut ke extra time. Skor tetap sama sehingga wasit Ben Williams dari Selandia Baru meminta kedua tim untuk menyiapkan diri melakukan adu penalti.

Singkat cerita, Kosta Rika unggul sementara 4-3 dalam adu penalti, sementara Yunani sedang bersiap dengan penendang keempat. Navas sukses menepis bola sepakan penalti Gekas.

Momen itu memperpanjang napas Kosta Rika untuk memastikan kemenangan lewat penendang kelima Michael Umana. Akhirnya, Umana sukses mencetak gol penalti dan Kosta Rika melenggang ke perempat final untuk menghadapi Belanda. Ini menjadi capaian tersendiri buat Kosta Rika karena tak pernah sebelumnya mereka melaju sampai babak delapan besar.

Kosta Rika beruntung punya Keylor Navas. Sang penjaga gawang memang sedang matang-matangnya. Penampilan apiknya di Levante musim lalu bisa ditengok. Dia dimainkan di 37 pertandingan La Liga Primera Division, lebih baik dibanding musim 2012/2013 yang hanya bermain di 9 partai.

Sebelum lolos dari grup, Navas tampil gemilang saat menghadapi Italia. Dia melakukan 4 kali penyelamatan dari tembakan-tembakan pemain Gli Azzurri.

Total di Piala Dunia ini dia punya prosentase blok sebesar 87%. Dia melakukan 14 penyelamatan dari 16 tembakan yang datang. Itu belum termasuk satu dari empat penalti yang terjadi pagi tadi.

Di ajang Piala Emas CONCACAF, Navas pernah tampil di dua edisi turnamen, yakni pada tahun 2009 dan 2011. Meski negaranya hanya sampai babak semifinal, namanya dinobatkan sebagai Kiper Terbaik tahun 2009.

Keampuhan Navas menjaga gawang Kosta Rika akan teruji di pertandingan berikut yang lebih berat. Lawannya bukan main, tim favorit juara dari Eropa, Belanda. Tentu, kita menunggu sampai sejauh mana Keylor menjaga napas skuat Kosta Rika di arena Piala Dunia 2014.

“Penyelamatan ini (penalti Gekas) untuk Tuhan, keluargaku, rekan-rekan setimku, untuk seluruh Kosta Rika. Hidup timnas dan Kosta Rika!!!” Demikian kicauan akun Twitter @NavasKeylor milik sang kiper penjaga napas Kosta Rika di arena Piala Dunia 2014.







(din/a2s)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed