DetikSepakbola
Selasa 01 Juli 2014, 02:07 WIB

Valbuena: Kecil tapi Menggigit

- detikSport
Valbuena: Kecil tapi Menggigit AFP/Fabrice Coffrini
Brasilia -

Dengan tinggi hanya 167 cm, Mathieu Valbuena tampak jadi liliput di antara pemain-pemain lainnya di lapangan. Tapi, tinggi badan bukanlah halangan untuk tampil prima.

Valbuena yang tampak mini itu jadi salah satu motor penggerak Prancis pada laga melawan Nigeria di perdelapanfinal Piala Dunia 2014, Senin (30/6/2014) malam WIB.

Prancis menang 2-0 pada laga tersebut lewat gol-gol dari Paul Pogba dan gol bunuh diri Joseph Yobo. Namun, Valbuena ikut berperan pada terciptanya dua gol tersebut.

Pada gol pertama yang tercipta pada menit ke-79, Valbuena mengawalinya dengan sebuah tendangan penjuru. Tendangan itu sempat dihalau dengan satu tangan oleh kiper Nigeria, Vincent Enyeama, namun dia gagal menghalaunya dengan sempurna.

Bola kemudian mengarah ke Pogba dan gelandang asal Juventus itu langsung menanduk bola ke arah gawang.

Sementara gol kedua berawal dari umpan yang dilepaskan Valbuena dari sisi kanan. Bermaksud memberikan umpan tersebut kepada Antoine Griezmann, bola malah mengenai kaki Yobo dan akhirnya berbelok ke dalam gawang Nigeria.

Valbuena yang kecil itu memang tampil menggigit. Dia jadi salah satu pemain yang paling rajin bergerak ke seluruh area. Situs resmi FIFA mencatat, dia meng-cover jarak hingga 10.554 meter.

Selain itu, dia tercatat mengkreasikan enam buah peluang dengan akurasi passing mencapai 94% (51 passing, 50 di antaranya sukses).

Well done, Valbuena!


(roz/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed