DetikSepakbola
Jumat 29 Juni 2018, 10:36 WIB

Yerry Mina, 5 Game di Barcelona, 2 Gol untuk Kolombia

Andi Abdullah Sururi - detikSport
Yerry Mina, 5 Game di Barcelona, 2 Gol untuk Kolombia Foto: REUTERS/David Gray
Samara - Bek tengah timnas Kolombia, Yerry Mina, sedang menunjukkan kilaunya bersama Kolombia di Piala Dunia 2018. Mungkin ini akan ada gunanya buat Barcelona.

Mina menjadi man of the match saat Kolombia mengalahkan Senegal 1-0 di pertandingan terakhir Grup H, Jumat (29/6/2018) dinihari WIB. Ia mencetak golnya melalui sundulan di menit 74, memanfaatkan momen tendangan penjuru.

Dengan demikian ia sudah mengukir dua gol dari dua penampilannya di Rusia. Ia mengemas gol perdana dalam debutnya di Piala Dunia, saat Kolombia menundukkan Polandia 3-0.

Mina seperti sedang membuktikan kenapa ia dibeli seharga 11,8 juta euro oleh Barcelona dari klub Brasil, Palmeiras, pada Januari lalu. Dialah orang Kolombia pertama yang pernah memakai seragam Blaugrana.

Hanya saja, di Barcelona ia malahan belum terpakai dengan semestinya. Lima bulan merumput di Camp Nou, Mina baru dimainkan lima kali oleh pelatih Ernesto Valverde.

Tampaknya Valverde belum cocok dengan gaya Mina, yang pastinya pula masih beradapatasi. Salah satu pertimbangan teknis, pemain belakangnya itu "terlalu" jangkung (195 cm), sehingga mempengaruhi kecepatannya. Ia lebih memilih Tomas Vermaelen untuk melapis Samuel Umtiti, sebagai partner Gerard Pique, ketimbang Mina.

Mina juga kian terancam posisinya karena Barcelona digosipkan sedang mendekati bek Sevilla, Clement Lenglet. Plus, Los Cules juga terus menjajaki potensi menggaet pemain Brasil, Arthur Melo, sehingga mereka bisa kebanyakan pemain non-Uni Eropa.

Mina mungkin saja akan dilepas di musim mendatang, atau setidaknya dipinjamkan ke klub lain. Atau, mungkin Barcelona akan lebih memerhatikan dia jika Mina terus tampil ciamik di Piala Dunia saat ini.


(a2s/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed