Reinaldo Rueda

- Sepakbola
Rabu, 30 Des 2009 14:21 WIB
Jakarta - Meski belum punya nama besar, Reinaldo Rueda bisa digolongkan sebagai salah satu pelatih tersukses dari Kolumbia. Catatan mengilapnya dimulai saat membesut tim junior negara tersebut.

Salah satu keberhasilan Reinaldo Rivera adalah saat mengantar Kolombia U-20 duduk di posisi tiga FIFA World Youth Championship 2003. Pria 52 tahun asal Cali (Kolombia) ini kemudian juga memimpin timnas Kolombia U-17 meraih posisi keempat Piala Dunia U-17 di tahun yang sama.

Karirnya di timnas senior dimulai saat Kolumbia meraih sejumlah hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia. Setelah ditunjuk dia memang tetap tak mampu meloloskan negaranya, tapi Rueda berhasil membuat langkah besar karena t im asuhannya nyaris lolos setelah berada di peringkat keenam klasemen akhir kualifikasi PD 2006 zona Amerika Selatan (Conmebol).

Honduras segera mengikat sarjana Pendidikan Fisika itu untuk bisa meraih tiket ke Afrika Selatan 2010. Hasilnya, para pendukung berpesta setelah Wilson Palacios dkk mendapatkan kesempatan untuk tampil di putaran final Piala Dunia yang kedua kalinya sejak 1982. (din/a2s)