Javier Aguirre

- Sepakbola
Rabu, 30 Des 2009 14:26 WIB
- - Javier Aguirre Onaindia mulai melatih setelah pensiun sebagai pemain di tahun 1995 lalu. Dia mengawalinya bersama klub lokal Argentina, Atlante, sebelum kemudian mengantar Club Pachuca menjadi juara Invierno tahun 1999.

Pada tahun 2001 Aguirre menggantikan Enrique Meza sebagai pelatih tim nasional Meksiko setelah serangkaian hasil buruk yang didapat Tri Colore. Pelatih kelahiran 1 Desember 1958 itu langsung menghadapi tantangan Copa America 2001. Kiprah pertamanya itu patut diacungi jempol karena bisa langsung mengantar anak didiknya ke final, meski kemudian kalah dari Kolumbia 0-1 di final.

Aguirre yang pernah bermain untuk CD Guadalajara ini kembali dipercaya menangani skuad Meksiko di Piala Dunia 2002. Hasilnya, Meksiko menjadi juara grup di atas Italia, tapi disisihkan AS 0-2 di babak perdelapan final.

Usai Korea-Jepang 2002, Osasuna memanggil Aguirre untuk mengasuh mantan klubnya di La Liga semasa menjadi pemain itu. Sampai akhir musim 2005-2006, El Vasco meninggalkan Los Rojillos dengan prestasi duduk di posisi keempat di klasemen akhir La Liga yang berarti lolos ke kualifikasi babak ketiga Liga Champions. Sayangnya Osasuna digagalkan Hamburg sehingga mereka bertarung di ajang Piala UEFA musim depan.

Sukses menangani klub beranggaran minim menarik perhatian Atletico Madrid. Pada musim pertamanya (2006-2007), Aguirre diminta Los Rojiblancos untuk bisa kembali eksis di kompetisi Eropa dan dia bisa melakukannya dengan lolos ke Piala UEFA. Musim kedua Aguirre berambisi mengantar Aguero dkk hadir di kasta tertinggi ajang Eropa: Liga Champions. Setelah melewati kualifikasi, Atletico sukses mendapatkan tiket UCL 2008-2009 di bawah komando Aguirre.

Pada 2 Februari 2009 Aguirre kehilangan posisinya dan digantikan Abel Resino. Manajemen klub beralasan penampilan buruk Atletico di tahun baru sebagai motif didepaknya Aguirre. Meski begitu, sebagian pendukung menilai keputusan itu tidak adil. Sebab, sejak Resino menangani tim, Atletico berada di level terendah dalam 14 tahun terakhir.

Dua bulan selanjutnya, Aguirre diangkat dan diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru tim nasional Meksiko menyusul performa buruk Sven Goran Eriksson. Banyak orang yakin Eriksson melemahkan kekuatan Meksiko.

Pada 26 Juli 2009, Aguirre berhasil memberikan El Tri gelar kelima Piala Emas dan kemenangan pertama Meksiko di tanah AS sejak 1999. Sempat terlibat perkelahian dengan pemain Panama Ricardo Phillips di pertandingan penyisihan grup Piala Emas, Aguero memohon maaf kepada publik Meksiko atas aksinya yang tak terkontrol. Akibat insiden itu, ia menerima larangan 3 kali main.

Pada 11 Oktober 2009, Aguirre memastikan Rafael Marquez dkk lolos ke Afrika Selatan 2010 setelah menang besar 4-1 atas El Salvador di Azteca. Aguirre pernah bermain untuk timnas Meksiko sebanyak 59 kali antara 1983 dan 1992 dengan mencetak 14 gol. Dia bermain di Piala Dunia 1986 dan pernah dikeluarkan ketika Jerman Barat mengalahkan Meksiko di babak perempat final. (din/a2s)