Santa Cruz, Tumpuan Paraguay

- Sepakbola
Selasa, 01 Jun 2010 05:25 WIB
Asuncion - Musim ini memang dijalani Roque Santa Cruz dengan kurang memuaskan. Namun hal itu tak mengurangi kepercayaan pelatih Paraguay Gerardo Martino kepada Santa Cruz untuk memimpin La Abiroja di Piala Dunia bulan depan.

Meski bukan sebagai kapten tim kehadiran Santa Cruz sudah pasti ditunggu oleh para rekannya. Selain sebagai salah satu pemain senior dengan 69 caps dan 21 gol, pengalaman Santa Cruz melanglang buana di liga-liga Eropa jadi alasannya.

Usai mencari nafkah di Jerman bersama Bayern Muenchen, Santa Cruz pun hijrah ke Liga Inggris pada 2007 untuk bergabung dengan Blackburn Rovers dan mulai musim panas lalu striker 28 tahun itu bermain di Manchester City.

Sialnya adalah Santa Cruz harus berkutat dengan cedera lutut dan hanya mampu menyumbang empat gol di 17 penampilannya di seluruh kompetisi yang diikuti City.

Kini Santa Cruz sudah fit dan tentunya siap memberikan yang terbaik untuk Paraguay di Afrika Selatan 2010. Santa Cruz bersama kompatriotnya di Liga Inggris yakni Paulo Da Silva dan Christian Riveroz (Sunderland), Antonio Alcaraz (Wigan Athletic) termasuk dalam 23 pemain yang dibawa Martino.

Mereka berempat akan bahu membahu dengan legiun Eropa macam Lucas Barrios dan Nelson Valdez (Borussia Dortmund), Oscar Cardozo (Benfica), Edgar Baretto (Atalanta) dan Jonathan Santana (Wolfsburg).

Dari 30 nama yang masuk skuad bayangan, Martino mencoret tujuh nama yaitu Eduardo Ledesma (Lanus), Marcos Caceres (Racing Club), Marcelo Estigarribia dan Jorge Achucarro (Newell's Old Boys), Sergio Aquino (Libertad), Osvaldo Martinez (Monterrey) dan Julio Manzur (Olimpia).

Paraguay bergabung di Grup F bersama juara bertahan Italia, Slovakia dan Selandia Baru. Laga pembuka Paraguay langsung berhadapan dengan Italia pada 14 Juni di Cape Town Stadium.

Skuad Paraguay

Kiper: Justo Villar (Real Valladolid), Aldo Bobadilla (Independiente Medellin), Diego Barreto (Cerro Porteno)

Bek: Denis Caniza (Leon), Paulo Da Silva (Sunderland), Claudio Morel (Boca Juniors), Julio Cesar Caceres (Atletico Mineiro), Carlos Bonet (Olimpia), Dario Veron (Pumas UNAM), Aureliano Torres (San Lorenzo), Antolin Alcaraz (Wigan Athletic)

Gelandang: Edgar Barreto (Atalanta), Cristian Riveros (Sunderland), Jonathan Santana (VfL Wolfsburg), Victor Caceres (Libertad), Enrique Vera (LDU Quito), Nestor Ortigoza (Argentinos Juniors)

Penyerang: Roque Santa Cruz (Manchester City), Nelson Haedo Valdez, Lucas Barrios (both Borussia Dortmund), Oscar Cardozo (Benfica), Edgar Benitez (Pachuca), Rodolfo Gamarra (Libertad)
(mrp/roz)