Podolski: Kembali ke Cologne Lebih Indah Dibanding Trofi Piala Dunia

- Sepakbola
Jumat, 18 Jul 2014 02:28 WIB
Getty Images/Pool
Cologne - Lukas Podolski memang senang bisa membawa Jerman meraih trofi Piala Dunia. Tapi akan lebih menyenangkan untuknya jika bisa kembali bermain untuk klub masa kecilnya, FC Cologne.

Podolski hanya mendapat kesempatan tampil di dua pertandingan dari total tujuh laga yang dilakoni Die Mannschaft. Pelatih Joachim Loew menurunkannya sebagai pemain pengganti kala Jerman mencukur Portugal 4-0 dengan bermain selama 8 menit.

Kemudian dia dimainkan sejak menit awal di partai terakhir grup kontra Amerika Serikat dan bermain selama 45 menit sebelum digantikan oleh Miroslav Klose.

Meski jarang tampil di Brasil, Podolski pulang ke kota kelahirannya, Cologne, dengan sambutan hangat layaknya pahlawan. Walikota setempat menyambutnya di hadapan sekitar 3 ribu fans yang menunggu di luar Balai Kota.

Seperti dilansir ESPN FC, pemerintah kota Cologne memberikan penghargaan kepada Podolski berupa ukiran nama di Goldenes Buch, sebuah anugerah yang selalu disematkan kepada tokoh-tokoh terkenal. Nama Podolski diukir di samping nama-nama tersohor seperti John Fitzgerald Kennedy, Neil Armstrong dan Pope John Paul II.

Podolski termasuk orang lama di skuat Jerman. Dia menjalani debut pada awal Juni 2004 silam ketika Rudi Voeller memasangnya dalam laga persahabatan melawan Hungaria di Kaiserslautern.

Piala Eropa 2004 merupakan ajang resmi perdana yang diikuti bersama timnas dan sejauh ini Podolski sudah punya 116 caps dan 47 gol.

"Sayang sekali, aku tidak mampu membawa pulang trofi Piala Dunia bersamaku, tapi aku juga mendedikasikan trofi tersebut untuk FC Cologne dan kota ini. Kalian juga juara dunia," ujar Podolski kepada Rundschau Online seperti dikutip Soccernet.

Meski bahagia bisa merasakan gelar bersama timnas Jerman, namun Podolski mengaku bahwa ia lebih ingin merasakan gelar bersama Cologne dan berharap bisa kembali ke sana suatu saat.

Podolski mengenyam pendidikan akademi sepakbola di FC Cologne sejak 1995. Pada tahun 2006, dia direkrut Bayern Munich. Tiga tahun berikutnya, dia kembali ke FC Cologne setelah memberikan gelar Bundesliga dan DFB Pokal kepada Die Roten pada akhir musim 2007/08.

"Hanya bergabung lagi ke FC Cologne bisa mengalahkan rasanya menjadi juara Piala Dunia, tapi saya tidak ingin terlalu banyak berkomentar dan menimbulkan masalah. Saya tidak boleh jemawa," tutup Podolski yang punya kontrak di Arsenal sampai 2016.

(mrp/fem)