sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Jul 2014 13:03 WIB

'Kritik Atas Anugerah Golden Ball untuk Messi Tidak Fair'

- detikSport
Getty Images/Ian MacNicol
Barcelona - Lionel Messi mendapatkan kritikan usai dianugerahi Golden Ball di ajang Piala Dunia 2014. Suara miring atas apa yang didapat oleh La Pulga itu dianggap sebagai suatu hal yang tidak fair.

Saat berlaga di Brasil, Messi mampu tampil baik bersama tim nasional Argentina selama fase grup. Menyumbangkan empat gol dalam tiga laga Grup F, dia berhasil mengantarkan Albiceleste ke babak 16 besar.

Pada prosesnya, Argentina mampu melaju ke babak final. Tapi, gol-gol Argentina di fase knockout tak hadir dari pemain yang kini memperkuat Barcelona itu.

Messi akhirnya gagal membawa Argentina juara usai takluk dari Jerman di pertandingan final. Tapi, dia mendapatkan gelar hiburan dengan anugerah bola emas.

Catatan empat gol dan satu assist yang dibuat Messi cukup untuk meyakinkan FIFA untuk menobatkan dia sebagai pemain terbaik di turnamen.

Kritikan pun hadir atas keputusan FIFA itu. Eks striker Argentina, Diego Maradona, bahkan menyebut hal itu sebagai siasat pemasaran semata. Sementara itu, presiden federasi sepakbola dunia, Sepp Blatter, malah cukup terkejut dengan bola emas yang diraih Messi.

Soal polemik itu, rekan setim Messi di Los Cules, Sergi Roberto, memberikan dukungan. Dia menilai bahwa kritik untuk Messi soal bola emas sebagi suatu hal yang tidak adil.

"Saya menonton Messi saat Piala Dunia sama seperti di tahun lalu, yang terbaik di dunia," kata Roberto di Sports Mole.

"Penghargaan itu layak diterimanya, dan kritik itu tidak fair, dia ingin memenangi Piala Dunia dan dia layak mendapatkan respek maksimal. Dia sudah memberikan banyak hal untuk klub ini dan juga Argentina," tambahnya.

(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com