DetikSepakbola
Minggu 24 Juni 2018, 11:00 WIB

Sepakbola Bukan Tenis, Jangan Salahkan Messi Semata

Femi Diah - detikSport
Sepakbola Bukan Tenis, Jangan Salahkan Messi Semata Foto: Clive Brunskill/Getty Images
Moskow - Lionel Messi menjadi sosok yang paling disorot setelah Timnas Argentina kesulitan menembus babak 16 besar Piala Dunia 2018. Pelatih timnas Spanyol, Fernando Hierro, tak sepakat.

Argentina terancam tersingkir di fase grup Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Kroasia 0-3 di laga kedua. Dengan baru mengumpulkan satu poin, dari hasil imbang dengan Islandia, Albiceleste wajib mengalahkan Nigeria di laga terakhir sembari berharap Islandia tidak mengalahkan Kroasia.

Dengan potensi Argentina pulang cepat itu, kritikan mengarah kepada Messi. Pemain Barcelona itu juga dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: Argentina Kesulitan, Veron Heran Icardi Ditinggalkan Sampaoli

Hierro menilai laju tertatih Argentina bukan karena Messi semata. Dia menyebut itu hasil bersama-sama pemain dan pelatih.

"Saya selalu berpikir kalau hasil dalam setiap pertandingan, bagus atau buruk, adalah masalah tim. Kalau cuma satu pemain yang disorot, sebaiknya nonton tenis saja," kata Hierro kepada Onda Cero dan dikutip Four Four Two.

"Baik dan buruknya timnas Argentina, itu merupakan hasil dari perjuangan sekelompok pemain yang ada di dalam tim untuk meraih tujuan," dia menambahkan.




Hierro menegaskan dengan menyebut kalau Argentina tak hanya memiliki Messi sebagai pemain top. Tim itu juga diperkuat sejumlah pemain mumpuni seperti Sergio Aguero, Paulo Dybala, dan Gonzalo Higuain.

"Memang ada beberapa pemain dengan nama besar yang sudah memenangi banyak sekali predikat terbaik individual makanya merekalah yang mendapatkan sorotan," tutur dia.

"Tapi, jika kalian melihat sejumlah pemain berbakat yang dimiliki Argentina dan betapa pentingnya mereka di dalam klub, maka kalian akan menyadari hasil itu hasil kolektif tim. Saya sudah cukup melihat tim-tim lain," dia menegaskan.


(fem/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed