sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 04 Jun 2014 17:16 WIB

Inggris dan Nasib Sial Bernama Adu Penalti

- detikSport
DAMIEN MEYER/AFP/GettyImages
Jakarta - Adu penalti sering dianggap tidak adil karena keunggulan sebuah tim cuma dibatasi nasib hasil tendangan berjarak 11 meter. Terkait adu tos-tosan di Piala Dunia, tak ada nasibnya yang lebih buruk dibanding Inggris.

Sepanjang sejarah Piala Dunia Inggris sudah kalah di adu penalti sebanyak tiga kali. Jumlah tersebut sebenarnya sama dengan Italia, tapi kalau Gli Azzurri menelan tiga kekalahan dari empat percobaan maka The Three Lions tiga kali kalah dari tiga kesempatan. Dengan kata lain, Inggris tak pernah menang adu penalti di Piala Dunia.

Pertama kali Inggris harus berhadapan dengan adu penalti adalah di Piala Dunia 1990. Di babak semifinal Inggris lebih dulu tertinggal oleh Jerman berkat gol Andreas Brehme, namun bisa disamakan oleh Gary Lineker. Skor 1-1 kemudian bertahan hingga melewati waktu normal dan extra time.

Lineker, Peter Beardsley dan David Platt yang menjadi tiga eksekutor pertama Inggris berhasil menuntaskan tugasnya dengan sempurna - sebagaimana tiga penendang penalti pertama Jerman. Namun dia penendang terakhir 'Tiga Singa', Stuart Pearce dan Chris Waddle, tak mampu menyumbang poin. Inggris gagal ke final karena kalah 3-4.

Delapan tahun kemudian Inggris kembali harus berhadapan dengan adu penalti. Kali kontra Argentina pada babak 16 besar setelah bermain imbang 2-2 sampai 120 menit. Alan Shearer, Paul Merson, Michael Owen sukses menjebol gawang Argentina kala itu, sementara David Batty dan Paul Ince gagal. Inggris angkat koper dengan kekalahan 3-4.

Kali terakhir Inggris kalah pada adu penalti di Piala Dunia adalah di edisi 2006. Adalah Portugal yang mendepak Wayne Rooney dkk ketika itu dengan kedudukan 3-1 pada babak delapan besar. Cuma Owen Hargreaves yang bisa bikin gol ketika itu, sementara Frank Lampard, Steven Gerrard dan Jamie Carragher gagal.

Soal nasib buruk Inggris di adu penalti, sebenarnya tak cuma terjadi di Piala Dunia. Di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa), Inggris cuma menang satu kali dari tujuh adu penalti yang pernah dihadapi.

Di Piala Eropa Ingris sudah empat kali masuk adu penalti yakni di dua di 1996 dan masing-masing sekali di 2004 dan 2012. Satu-satunya kemenangan yang didapat adalah saat mengalahkan Spanyol (4-2) di Piala Eropa 1996. Tapi di kompetisi yang sama Inggris juga kalah melalui adu tos-tosan saat ditundukkan Jerman (5-6) pada semifinal.

Pada Piala Eropa 2004 Inggris kalah 5-6 atas Portugal di babak perempatfinal. Sementara di 2012 'Tiga Singa' kalah 2-4 saat berhadapan dengan Italia.

Atas statistik adu penalti yang sangat buruk itulah Inggris menggiatkan latihan adu penalti jelang Piala Dunia 2014.

Inggris di adu penalti Piala Dunia dan Piala Eropa

Piala Dunia
1990: vs Italia kalah 3-4 (semifinal)
1998: vs Argentina kalah 3-4 (perdelapanfinal)
2006: vs Portugal kalah 1-3 (perempatfinal)

Piala Eropa
1996: vs Spanyol menang 4-2 (perempatfinal)
1996: vs Jerman kalah 5-6 (semifinal)
2004: vs Portugal kalah 5-6 (perempatfinal)
2012: vs Italia kalah 2-4 (perempatfinal)








(din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com