DetikSepakbola
Selasa 12 Juni 2018, 15:48 WIB

Diembargo AS, Pemain Iran Tak Dipasok Sepatu Nike di Piala Dunia 2018

Lucas Aditya - detikSport
Diembargo AS, Pemain Iran Tak Dipasok Sepatu Nike di Piala Dunia 2018 Foto skuat timnas Iran. (Foto: Amin M. Jamali/Getty Images)
Jakarta - Embargo ekonomi Amerika Serikat untuk Iran berimbas pada tim mereka di Piala Dunia 2018. Aparel asal negeri Paman Sam, Nike, takkan memasok sepatu untuk pemain Iran.

Iran sedang diembargo ekonomi oleh AS sejak bulan Juli tahun lalu. Penyebabnya, Iran masih aktif dengan program nuklirnya.

Karena embargo itu, Nike juga harus patuh pada hukum di AS. Menjelang digelarnya ajang Piala Dunia 2018 di Rusia, mereka pun mengeluarkan keterangan resmi mengenai penghentian pasokan alat olahraga untuk pemain Iran.

"Sanksi AS berarti bahwa, sebagai perusahaan AS, Nike tak bisa memasok sepatu untuk para pemain di timnas Iran di saat ini," kata pernyataan resmi Nike di ESPN FC.




"Sanksi berlaku untuk Nike telah diterapkan selama bertahun-tahun dan diberlakukan oleh hukum," pernyataan itu menambahkan.

Iran akan menjalani pertandingan pertama di Piala Dunia 2018 melawan Maroko. Laga itu berlangsung di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Jumat (15/6/2018) malam WIB.

Dengan mepetnya pengumuman dari Nike itu, salah seorang ofisial tim Iran menyebutkan, pemain Iran melakukan solusi darurat. Ada yang mengontak rekan-rekan setim di klub untuk meminjami sepatu, ada juga yang membeli sendiri di Rusia. Untuk aparel seragam tim, Iran didukung oleh Adidas hingga tak mengalami kendala.







(cas/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed