DetikSepakbola
Kamis 21 Juni 2018, 14:02 WIB

Perjalanan Panjang Fans Peru untuk Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Tanah Asing

Femi Diah - detikSport
Perjalanan Panjang Fans Peru untuk Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Tanah Asing Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters
Moskow - Fans timnas Peru menunjukkan pengorbanan luar biasa untuk bisa sampai ke Rusia demi nonton langsung Piala Dunia 2018. Mereka membawa misi menyanyikan lagu kebangsaan di tanah asing.

Suporter timnas Peru termasuk terbesar di Piala Dunia 2018 ini. Berdasarkan tiket yang terjual, mereka menduduki urutan kedelapan, tepat di bawah Argentina.

Menurut laporan BBC, suporter Peru menunjukkan perjuangan yang luar biasa untuk mendukung timnas kesayangan mereka di Rusia. Di antara mereka, ada yang sampai keluar dari pekerjaan, menjual mobil, dan berutang di bank. Perjalanan panjang tak membuat mereka keder.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2018 Hari Ini: Prancis vs Peru, Argentina vs Kroasia

Edgar yang datang ke Rusia bersama Manuelito yang berusia 80 tahun tiba di Saranks setelah melewati perjalanan cukup panjang. Mereka mencapai Rusia setelah berganti tiga kali penerbangan dan sepuluh jam kereta.

"Perjalanannya cukup sadis buat saya, tapi bagaimana bisa saya ketinggalan momen ini. Kami sudah menunggu cukup lama, sangat lama, untuk menyanyikan lagu kebangsaan kami di negara lain," kata Milito, yang suaranya sudah serak-serak dan lirih, usai mendukung Peru di laga versus Denmark, seperti dilaporkan BBC.

Ilustrasi suporter timnas Peru Ilustrasi suporter timnas Peru Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters


Berbeda lagi pengalaman Pedro atau Perrito. Dia meninggalkan pekerjaannya di Panama untuk datang ke Rusia. Dia bersama temannya Alexis atau Perrito.

Untuk menuju Rusia dan tinggal serta mengikuti tur timnas Peru di babak grup, mereka mencari cara apapaun, yang penting murah. Pedro dan Alexis cuma sekali penerbangan, yakni ke Madrid, kemudian menggunakan kapal ke Finlandia dan menumpang kendaraan apapun asalkan bisa sampai ke Moskow. untuk terus menggunakan penerbangan bukan pilihan tepat, sebab harganya terlalu mahal buat mereka.

Timnas Peru mengawali langkah di Piala Dunia 2018 dengan kekalahan 0-1 dari Denmark. Di laga kedua, mereka akan menghadapi Prancis dan menghadapi Australia.



(fem/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed