DetikSepakbola
Jumat 22 Juni 2018, 10:19 WIB

Laporan Dari Sochi

Ada Kartu Ini, Transaksi di Rusia Selama Piala Dunia Jadi Mudah!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Ada Kartu Ini, Transaksi di Rusia Selama Piala Dunia Jadi Mudah! Foto: Resha Pratama/detikSport
Sochi - Menukarkan dan membawa uang asing menjadi konsentrasi tersendiri saat melancong ke negara lain. Rusia memudahkan traveler selama perhelatan Piala Dunia 2018 dengan satu alat pembayaran.

Meliput Piala Dunia bukan hanya dituntut untuk memiliki fisik prima, namun juga kejelian menyiasati kebutuhan selama di negara tuan rumah. Sebab, durasi peerhelatan itu lumayan lama, sekitar satu bulan.

Berkaca pada penugasan sebelumnya, saya membayangkan repotnya membawa uang tunai. Apalagi, kabarnya, Rusia termasuk negara yang keamanannya cukup rawan, utamanya di kota St. Petersburg dengan banyak copet.

Beruntung, Rusia memudahkan saya dan pekerja serta fans sepakbola lain yang berkunjung hanya untuk Piala Dunia 2018 ini. Salah satu sponsor lokal FIFA di Rusia, Alfa Bank, menyediakan kartu debit dengan syarat yang sangat mudah. Kartu digratiskan.

Ada Kartu Ini, Transaksi di Rusia Selama Piala Dunia Jadi Mudah!Foto: Resha Pratama/detikSport


Para penonton diizinkan mengisi minimal 500 rubel (Rp 100 ribu) di booth Alfa Bank yang tersedia di 11 stadion penyelenggara Piala Dunia. Nantinya, Anda akan diberikan kartu dan nomor pin yang bisa diubah di mesin ATM yang tersedia di booth tersebut.

Karena selain di booth-booth stadion, nyaris seluruh tennant di Rusia sudah cashless alias tanpa uang tunai. Oleh karena itu, Anda pun tidak perlu repot mengantungi koin yang bakal memberatkan kantong serta nantinya tidak bisa menukarnya di Indonesia.

Alfa Bank juga menyediakan gelang yang Anda bisa tap di seluruh mesin EDC yang terdapat di stadion. Gelang itu memudahkan Anda sehingga tidak perlu mengeluarkan kartu ATM Alfa Bank dari dompet setiap bertransaksi.

Namun, untuk mendapatkan gelang tersebut Anda harus mengeluarkan uang 1000 rubel (Rp 220 ribu) yang akan masuk ke dalam saldo kartu. Jika Anda pulang dari Rusia tentu itu bisa dijadikan suvenir pribadi.

Cukup mudah, kan!



(mrp/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed