DetikSepakbola
Jumat 22 Juni 2018, 14:25 WIB

Laporan Dari Sochi

Singgah di Sochi, Kota yang Amat Sporty

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Singgah di Sochi, Kota yang Amat Sporty Foto: Francois Lenoir/Reuters
Sochi - Sochi, salah satu kota yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2018 identik dengan olahraga. Bermacam ajang internasional digelar di sana setiap tahun.

Sochi, kota yang terletak di Krasnodar Krai, itu dikenal dunia sebagai pusat wisata musim panas di Rusia. Pantai dan kehangatan serta kelembabannya membuat Sochi bak negaranegara tropis.

Tapi, Sochi tak hanya menawarkan keindahan pantai dan pegunungan. Kota itu juga surga bagi para penikmat olahraga. Memangnya ada apa di Sochi?

Baca Juga: Gokil! Pria Ini Gowes dari India ke Rusia demi Bertemu Messi

Jika Anda penggemar berat balapan Formula 1, maka Anda tentu tidak asing dengan kota Sochi. Keinginan besar Presiden Vladimir Putin adalah alasannya.

Olahraga menjadi salah satu cara Rusia untuk membangun citra Sochis ebagai kota olahraga. Keseriusan itu diwujudkan dengan gelontoran dana mencapai lebih dari 50 miliar dolar AS (Rp 598,56 triliun) untuk mengubah wajah Sochi yang dikepung wilayah konflik seperti Chechnya, Dagestan, dan Georgia. Sempat dicibir banyak pihak dan aura pesimisme yang besar, misi itu terwujud.

Sochi disulap menjadi kawasan yang olahraga banget dengan pembangunan sirkuit Sochi Autodrom sepanjang 5,848 km yang terletak di Adler. Dananya, hampir 200 juta dolar AS. Setelah seabad tak menggelar balapan otomotif, F1 pun akhirnya digelar lagi pada 2014 dengan kontrak tujuh tahun ke depan.

Tak cuma itu, Sochi juga memiliki Sochi Olympic Park yang telah digunakan untuk Olimpiade Musim Dingin 2014. Padahal, Sochi itu dikenal karena pantai dan mataharinya! Salah satu bangunan utamanya adalah Fisht Stadium.

Stadion berkapasitas 47,659 penonton itu jadi bangunan termegah yang ada di Sochi. Sayangnya karena tak ada tim sepakbola di Sochi maka stadion utama tidak terpakai sampai perhelatan Piala Konfederasi 2017 yang dilanjutkan di Piala Dunia 2018 ini.

Selama turnamen akbar itu, Fisht Stadium diberi kesempatan menggelar enam laga, yakni empat di fase grup dengan dibuka bigmatch Portugal vs Spanyol, Belgia vs Panama, Jerman vs Swedia, dan terakhir Australia vs Peru. Lalu ada juga dua laga knokcout yakni 16 besar dan perempatfinal.

Setelah Piala Dunia, rencananya tim divisi dua Liga Rusia FC Dynamo Saint Petersburg akan memakai stadion itu sebagai kandang dan jadi tim profesional pertama di Sochi setelah FC Zhemchuzhina-Sochi dibubarkan pada 2013.

Sochi juga memiliki sejarah yang olahraga banget. mantan petenis nomor satu dunia, Yevgeny Kafelnikov, lahir di sana. Ayah Kafelnikov, Aleksandr, adalah guru pertama Maria Sharapova saat mengenal tenis di umur empat tahun, Pada tahun 1989, Sharapova serta keluarganya pindah ke Sochi.

So, sempatkan mampir ke Sochi saat nonton langsung Piala Dunia di Rusia. Biar makin banyak kenangan yang bisa dibawa pulang.

Baca Juga: Menanti Laga-Laga di Sochi Sembari Menikmati Kehangatan dan Lembabnya

(mrp/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed