DetikSepakbola
Minggu 24 Juni 2018, 11:57 WIB

FIFA Investigasi Selebrasi Identik Xhaka dan Shaqiri

Femi Diah - detikSport
FIFA Investigasi Selebrasi Identik Xhaka dan Shaqiri Xherdan Shaqiri melakukan perayaan gol dengan menautkan jari-jemarinya. (Gonzalo Fuentes/Reuters)
Moskow - Dua pemain timnas Swiss, Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka, terancam sanksi dari FIFA. Selebrasi dua pemain itu saat menghadapi Serbia di Piala Dunia 2018 sedang diinvestigasi.

Xhaka dan Shaqiri membuat selebrasi identik saat Swiss menang atas Serbia 2-1, Sabtu (23/6/2018) dini hari WIB. Xhaka dan Shaqiri menjadi pencetak gol untuk Swiss.

Usai mencetak gol, Xhaka dan Shaqiri menautkan jari-jemarinya seolah menggambarkan elang berkepala dua. Ada lambang tersebut pada bendera kebangsaan Albania. Selerasi itulah yang memicu masalah. Gestur tersebut dikhawatirkan memanaskan konflik Albania dan Serbia.

Saksikan video Highlights: Serbia Vs Swiss 1-2
Baca Juga: Nuansa Politik Di Balik Selebrasi Identik Xhaka dan Shaqiri

Ya, Shaqiri dan Xhaka memiliki pertalian dengan Kosovo. Shaqiri lahir di Kosovo, bekas provinsi Serbia yang memproklamirkan kemerdekaan pada 2008 sedangkan orang tua Xhaka berasal dari Kosovo. Secara politis, Serbia tidak pernah mengakui kemerdekaan Kosovo dan hubungan kedua masih panas.

"Komite Disipliner FIFA telah membuka peninjauan indisipliner atas pemain Swiss, Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, atas perayaan gol mereka dalam laga antara Swiss dengan Serbia." Begitulah pernyataan FIFA seperti dilansir Reuters.

FIFA juga membuka peninjauan terhadap Federasi Sepakbola Serbia atas perilaku tak terkontrol dan penyampaian pesan-pesan politik dan ofensif oleh fans Serbia. Investigasi awal dibuka untuk pelatih timnas Serbia, Mladen Krstajic, atas pernyataan dia selepas laga.





Saksikan juga video 'Selebrasi Bernuansa Politik dari Xhaka dan Shaqiri':

[Gambas:Video 20detik]


(fem/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed